Harga Ikan Laut Melambung

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Cuaca buruk yang melanda pesisir selatan Pulau Kalimantan, tepatnya di perairan Laut Jawa, menyebabkan harga ikan laut di kota Palangka Raya melambung. Ada beberapa jenis ikan bahkan menghilang dari pasaran. “Harga ikan laut mulai naik dan ada beberapa jenis ikan laut yang menghilang dari pasaran,” ucap Ny Adau, salah seorang pedagang ikan laut di Pasar Besar kota Palangka Raya, Kamis (13/6).

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan tingginya ombak yang ada di perairan laut Jawa sehingga para nelayan kesulitan menangkap ikan. “Ketika cuaca buruk, para nelayan banyak yang tidak berani untuk melaut, terlebih ombak di lautan begitu tinggi,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Diakuinya, ikan laut yang dijual di kota Palangka Raya diperoleh dari kota Banjarmasin. Sementara di Banjarmasin sendiri pasokan ikan laut sudah mulai berkurang, akibatnya pasokan ikan ke kota Palangka Raya juga berkurang. Ditambah lagi setelah libur lebaran, banyak nelayan masih menikmati libur bersama keluarga, sehingga pasokan dari agen agak sedikit terhambat.

Adapun harga ikan yang dijual di Pasar Besar, seperti ikan peda mencapai Rp50 ribu/Kg naik dari yang biasanya Rp35 ribu/Kg, ikan lajang yang biasanya Rp35 ribu/Kg kini naik menjadi Rp40 ribu/Kg, udang laut Rp35 ribu/Kg, ikan tongkol ukuran kecil dari harga sebelumnya Rp30 ribu/Kg naik menjadi Rp38 ribu/Kg. Sementara ikan yang kosong adalah jenis tongkol ukuran besar, cumi, bandeng dan lainnya.

“Untuk harganya lajang dan peda yang naik, sementara udang harganya tetap dan yang lainnya tidak ada dijual sementara ini karena stok kosong. Padahal ikan peda dan ikan tongkol putih banyak sekali langganan rumah makan yang beli ditempat saya,” tambahnya.

Tak hanya ikan laut, beberapa jenis ikan sungai juga mengalami kenaikan harga. Seperti ikan patin keramba dari Rp28 ribu/Kg naik menjadi Rp35 ribu/Kg, ikan lais dengan ukuran sedang Rp90 ribu/Kg, ikan saluang dari Rp35 ribu/Kg menjadi Rp40 ribu/Kg. “Yang harganya tetap seperti i ikan jelawat Rp70 ribu/Kg, ikan patin sungai Rp 100 ribu/Kg, ikan nila Rp32 ribu/Kg dan ikan mas Rp35 ribu/Kg,” kata Ny Adau. m-sda

Pos terkait