Pemilik Penginapan Diimbau Kenali Penyewa

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah mengajak masyarakat, terutama para pemilik usaha penginapan maupun rumah kontrakan, untuk melakukan pendataan dan mengenali serta menginventarisir asal usul para penghuninya. Hal itu untuk mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan ancaman bagi ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Umi menyampaikan hal untuk menyikapi adanya peristiwa penangkapan sejumlah terduga teroris yang dilakukan aparat di Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

“Selain untuk keamanan, pendataan penduduk juga penting sebagai database pemerintah. Masyarakat memiliki hak dalam memilih tempat bertempat tinggal, namun juga memiliki kewajiban dalam memenuhi data kependudukannya. Terlepas dari itu, kita tidak boleh lengah, terlebih Palangka Raya ini adalah kota yang identik dengan kedamaian dan kerukunan,” ucapnya, Rabu (12/6).

Dikatakan Umi, dalam hal mengawasi ketertiban lingkungan, tidak hanya menjadi tugas pemerintah, namun lebih pada kewaspadaan dan pengawasan bersama oleh seluruh elemen masyarakat.

“Jadi bukan tugas, camat, lurah ataupun RT/RW saja, melainkan semua masyarakat harus peka dan waspada terhadap hal-hal yang bisa mengganggu ketertiban lingkungan,” imbaunya lagi.

Harus diakui, lanjut Umi, Palangka Raya saat ini merupakan kota yang berkembang, seiring dengan itu pertumbuhan penduduk akan bertambah. Selain itu, menjadi hak semua orang manakala ingin memilih tempat berdomisili, berusaha maupun mencari penghidupan yang lebih baik lagi di ‘Kota Cantik’.

“Kalau ada pendatang baru yang bersikap tertutup, tidak beradaptasi dengan masyarakat dan gerak geriknya mencurigakan, termasuk membawa ideologi yang menyimpang, maka harus diwaspadai,” ucapnya.

Ketika mendapatkan situasi ini, tambah Umi, masyarakat harus peka dengan lingkungannya. Terlebih masyarakat yang ada di setiap lingkungan di Palangka Raya ini rata-rata saling mengenal satu sama lain.

“Maka itu, jika ada hal-hal yang dirasa janggal dan mudah dimonitor, maka segera dilaporkan ke pihak terkait. Kejadian kemarin kiranya menjadi warning bagi kita untuk terus berhati-hati dan waspada,” tutupnya. rgb

Pos terkait