Yamaha Pernah Buat Mobil Supercar

  • Whatsapp
iklan atas

Tabengan.com – Di industri otomotif, selama ini Yamaha dikenal lekat dengan produsen kendaraan sepeda motor. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa pabrikan berlambang garputala ini sempat mencoba untuk produksi mobil Supercar.

Yamaha OX99-11’V12 merupakan mobil sport yang dirancang oleh anak perusahaan Yamaha Ypsilon Technology setelah sebelumnya bersaing untuk memasok mesin Formula One sebagai pemasok mesin sejak tahun 1989.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Untuk membangun mobil tersebut, Yamaha sempat mendekatkan dengan perusahaan otomotif asal Jerman, namun dirasa tidak memuaskan. Akhirnya, Yamaha menghubungi konsultan teknik asal Inggris (IAD) untuk merampungkan prototipe-nya.

Desain mobil dirancang oleh Takuya Yura, dengan konsep kursi tunggal, menghasilkan kokpit yang sangat tipis dan tinggi. Mobil ini juga memiliki perawakan yang kecil dengan bobot berat mencapai 1.150 kg.

Namun sejumlah ketidaksepakatan antara Yamaha dan IAD membuat proyek ini diselesaikan sendiri oleh Ypsilon Technology.

Kondisi keuangan yang buruk di Jepang membuat mobil tersebut tidak mungkin untuk dibangun dan dijual. Akhirnya proyek dibatalkan.

Sebanyak tiga prototipe yang pernah dibuat, dan salah satunya sekarang dijual dalam laman JP Motor dengan banderol $ 1,3 Juta atau sekitar Rp 18,9 Miliar.

Menyoal performa, mobil ini dibekali oleh mesin V12 berkapasitas 3.5 liter naturally aspirated penggerak roda belakang yang mampu memuntahkan tenaga 440 hp serta dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan.

iklan atas

Pos terkait

iklan atas