Menhub Tinjau Pelabuhan Kumai

  • Whatsapp

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi mengingatkan hal yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan mudik Lebaran adalah kenyamanan dan keselamatan penumpang. Itu disampaikan Menhub saat meninjau arus mudik Lebaran di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Sabtu (25/5).

Dalam kunjungannya, Menhub didampingi Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah dan unsur Forkopimda Kobar. Hadir juga Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai Capt Wahyu Prihartono, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kobar Hermon F.

Bacaan Lainnya

“Saya meninjau Pelabuhan Kumai karena dari pelabuhan ini banyak pemudik dan tujuan yang paling banyak ke Tanjung Emas Semarang. Karena banyaknya pemudik dari pelabuhan ini, makanya saya ingin melihat langsung persiapan mudik Lebaran. Tadi saya lihat semua fasilitas pelabuhan sangat baik,” kata Menhub.

Dalam kesempatan itu, Menhub pun menekankan kepada para operator kapal agar mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang, sehingga wajib mengangkut sesuai kapasitas kapal dan jumlah alat keselamatan penumpang.

“Semua fasilitas pelabuhan guna keperluan para pemudik sudah tersedia. Kemudian, saya minta kepada Pemkab Kobar bisa menyediakan posko pelayanan kesehatan. Bisa juga menyediakan takjil buka puasa, mengingat mudik Lebaran tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga perlu antisipasi ketika ada pemudik yang kurang sehat, maka segera bisa diobati,” katanya.

Menurut Menhub, Pelabuhan Panglima Utar Kumai merupakan ikon, setiap orang yang akan ke Kalimantan pasti tahunya Pelabuhan Kumai. Maka itu, Pelabuhan Panglima Utar Kumai terus berbenah melengkapi sarana dan prasarana.

“Karena penumpang yang berangkat dari pelabuhan ini paling banyak tujuan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, maka saya sudah minta PT Pelni agar menyiapkan kapal premium khusus layanan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang secara reguler,” ujar Menhub.

Dalam kunjungannya ke Kobar, selain meninjau Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Menhub juga meninjau arus mudik Lebaran di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan Pemkab Kobar sangat berterima kasih atas kunjungan Menhub ke wilayah Kobar. Diharapkan ke depan ada bantuan dalam pengembangan pelabuhan maupun bandara, terutama dukungan pusat terhadap pembangunan bandara di Sebuai, Kecamatan Kumai.

“Alhamdulillah dalam pembicaraan ibu dengan pak Menteri tadi banyak hal yang ibu sampaikan, dan intinya pak Menteri sangat mendukung, terutama untuk pembangunan bandara baru di Sebuai. Bahkan, tadi pun pak Menteri menginstruksikan langsung untuk pengerukan alur di Pelabuhan Kumai,” kata Bupati Kobar.

Untuk permintaan Menhub tentang Posko Kesehatan, kata Bupati Kobar, akan segera direalisasikan. “Ibu sudah minta Dinas Kesehatan untuk segera dirikan Posko Kesehatan di pelabuhan ini,” tegasnya. c-uli

Pos terkait