Omzet Busana Muslim Meningkat

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sekitar sepekan lagi umat muslim merayakan Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Momen ini ternyata mendatangkan berkah bagi pedagang busana muslim di “Kota Cantik”. Sejumlah toko yang menjual berbagai busana Muslim mulai kebanjiran rezeki. “Alhamdulillah, dalam pekan ini kami pedagang mendapatkan berkah sekaligus omset yang meningkat tajam dari hari biasanya,” ucap Rusidi, pedagang busana mulim di Pasar Besar kota Palangka Raya, Minggu (26/5).

Menurutnya, dengan permintaan yang semakin meningkat, jauh-jauh hari mereka telah menyiapkan stok berbagai macam busana muslim. Sebab, diperkirakan mendekati lebaran permintaan akan meningkat tiga kali lipat. “Sebelum puasa sudah saya siapkan stok, kalau tidak akan repot nantinya karena momen lebaran kan hanya setahun sekali jadi harus bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Rusidi mengungkapkan, dalam satu bulan ini omzet meningkat signifikan. Biasanya dalam sebulan mencapai Rp3 juta hingga Rp 4 juta di hari normal. Namun kini dalam seminggu terakhir bisa mencapai lebih dari Rp10 juta rupiah. “Ya pada hari normalnya biasanya segitu, tapi kini meningkat hampir 50 persen lebih. Belum lagi dalam pekan ini masyarakat sudah mulai libur dan dapat THR, yang jelas akan meningkat terus,” ujarnya.

Diakuinya, walaupun permintaan mulai banyak, Ia tidak menaikkan harga jual dari hari biasanya karena banyak langganan yang sudah biasa membeli busana muslim di tempatnya. “Biasanya kan momen begini harga jual dinaikkan, tapi tempat saya tidak karena banyak sudah langganannya terutama yang beli secara partai,” jelasnya.

Terkait harga, untuk baju muslim pria bervariasi tergantung model serta kualitasnya dipatok Rp90.000 hingga Rp150.000, baju muslim perempuan atau gamis mulai Rp100.000 sampai Rp250.000. Kemudian, jilbab mulai Rp25.000 hingga Rp100.000 serta sarung Rp80.000 sampai Rp150.000. “Harga masih normal. Untuk yang paling banyak penjualannya ini baju muslim laki-laki, kemudian gamis perempuan karena banyaknya model sehingga membuat masyarakat tertarik untuk membelinya,” bebernya.

Salah seorang pembeli, Gina mengutarakan, momen lebaran tahun ini Ia membeli baju muslim, jilbab serta mukena. Selain harganya terjangkau juga kualitasnya baik. “Kan lebaran hanya setahun sekali, jadi ingin pakai baju baru. Membeli baju baru ini merupakan suka cita saya merayakan Idul Fitri. Setelah bekerja setiap hari ingin membahagiakan diri sendiri juga keluarga,” kata Gina. m-sda

Pos terkait