3 Tahun Pemerintahan H Sugianto Sabran-Habib Ismail Bin Yahya

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Sekdaprov Kalteng Fahrizal Fitri saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-62 Provinsi Kalteng di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (23/5), menyatakan Provinsi Kalteng genap berusia 62 tahun pada Kamis, 23 Mei 2019.

“Alhamdulillah berbagai kemajuan dalam pembangunan Provinsi Kalteng sudah sama-sama kita rasakan. Sehingga pada HUT Provinsi Kalteng yang ke-62 ini, perkenankan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para pendahulu kita yang berjasa dalam membangun Kalteng,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Kemudian kepada masyarakat Kalteng yang tulus dan ikhlas mendukung dan berpartisipasi, baik berupa tenaga, sumbangan pemikiran, maupun kesadaran, untuk selalu memelihara persatuan dan kesatuan, serta menjaga situasi tetap aman dan kondusif, sehingga upaya membangun daerah ini dapat terus dilanjutkan.

Dia juga mengajak Bupati/Wali Kota untuk mengonsentrasikan potensi pendidikan dan sumber daya, dengan menitikberatkan pada pembangunan SDM, yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, agar rakyat Kalteng mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif ini.

Di bidang kesehatan, ujar Sugianto, Pemprov Kalteng telah memberikan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kalteng Berkah sebanyak 90.582 jiwa dan akan membangun rumah sakit kelas A. Diharapkan Iayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Untuk pemerataan pembangunan dan membuka keterisolasian, telah dilakukan pembangunan jalan prioritas melalui multi years contrac dengan anggaran Rp1,35 triliun, yang dibagi dalam 3 wilayah, yaitu wilayah timur 3 ruas jalan, wilayah tengah 10 ruas, dan wilayah barat 9 ruas.

Dari sisi pendapatan daerah, pada 2016 pendapatan Rp3,5 triliun meningkat Rp4,7 triliun di 2018, dan tahun berjalan 2019 serapan cukup tinggi, Rp1,47 triliun atau 28,48 persen dari target Rp5,15 triliun.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kalteng tahun anggaran 2018 kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Kalteng dan opini WTP ini sudah diraih 5 kali berturut-turut yaitu 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Sementara itu, beberapa tokoh masyarakat mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh Pemprov Kalteng tersebut. Di antaranya mantan Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran yang berharap agar capaian-capaian tersebut dapat terus dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan.

“Apa yang dilakukan ini sudah baik, sehingga ini harus dipertahankan, bahkan lebih didorong lagi, baik di sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, perekonomian dalam arti luas. Terus saja ini didorong dan ditingkatkan lagi,” ujar Diran. dkw

Pos terkait