Kalteng Aman dari Monkeypox

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menegaskan, Indonesia khususnya Kalteng, tidak ada kasus penyakit cacar monyet atau monkeypox. Sejauh ini, Kementerian Kesehatan dan juga Dinas Kesehatan Kalteng belum pernah menerima laporan apapun tentang cacar monyet atau monkeypox ini.

Suyuti melanjutkan, cacar monyet umumnya ditularkan oleh hewan pengerat yang ada di afrika. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya isu cacar monyet yang masuk ke Indonesia. Angka penularan penyakit ini juga sangat rendah, dimana satu orang penderita menulari kurang dari satu orang.

Bacaan Lainnya

“Jangan mudah percaya pada informasi yang tidak jelas sumbernya. Sampai saat ini belum ada laporan penderita cacar monyet di Indonesia. Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan belum pernah menerima laporan apapun tentang penyakit cacar monyet di Indonesia,” kata Suyuti, menyikapi beredarnya foto, yang diduga menderita monkeypox, di Palangka Raya, Senin (20/5).

Berdasarkan foto yang beredar di media sosial, lanjut Suyuti, tidak berani disimpulkan apa yang diderita itu adalah cacar monyet. Sebab, ada jenis penyakit yang hampir sama dengan cacar monyet, yakni steven jhonson. Intinya, sampai sekarang ini belum menerima laporan terkait cacar monyet.

“Saya ingin meralat, tidak benar bahwa ada cacar monyet di Indonesia. Bahkan, Kepala Dinas Kesehatan Batam sudah melakukan klarifikasi atas kasus cacar monyet itu, dan meluruskannya. Kami mengimbau, masyarakat untuk tidak mengonsumsi daging hewan yang tidak umum dikonsumsi, dan menerapkan perilaku hidup sehat saja,” tutup Suyuti. ded

Pos terkait