Tim Saber Pungli Sidak SOPD

  • Whatsapp

PULANG PISAU/tabengan.com – Tim Saber Pungli Kabupaten Pulang Pisau melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pulang Pisau, Jumat (17/5). Sidak ini sempat membuat pegawai di SOPD ketar-ketir. Pasalnya, Tim Saber Pungli meminta apa-apa yang berkenaan dengan pelayanan di SOPD terkait.

Ketua Tim Saber Pungli Kompol Endro Aribowo mengatakan giat ini dalam rangka melaksanakan Sidak Pelayanan Publik di Kabupaten Pulang Pisau, yakni di DPMPTSP, Rumah Sakit, Dinas Pertanian dan Disdukcapil.

Bacaan Lainnya

‚ÄúSidak kita pertama di DPMPTSP, kita membuat tempat proses perizinan daripada usaha reklame dan seterusnya,” ujar Endro yang juga Wakapolres Pulpis didampingi Sapri Junjung, Hand Kenedison dan Anggota Tim Saber Pungli.

Endro menerangkan pengawasan Tim Saber Pungli lebih kepada melihat apakah ada penyimpangan dalam pelayanan, dan apakah masyarakat terlayani tidak oleh kompetensi petugas, transparansi, informasi, dan kesesuaian tarif, serta kepastian waktu antara kepengurusan waktu sampai berhasil izinnya.

“Kita ketahui di sini tidak seramai di kota-kota besar, jika ketemu dengan masyarakat tadi yang ingin mengurus izin untuk praktik bidan, dan belum tahu, apakah di sini gratis atau membayar. Jika membayar tentu harus jelas tabelnya sesuai dengan Perda untuk pungutan,” tegasnya.

Sidak yang dilaksanakan adalah langkah-langkah pihaknya untuk melihat betul kondisi di lapangan, dan tidak ada settingan. Giat yang dilakukan itu agar betul-betul menjamin semua pelayanan publik di Pulang Pisau bisa menjadi lebih baik lagi.

“Untuk tahun ini belum ada laporan masyarakat, baik itu masalah perizinan dan lain sebagainya. Intinya sidak ini adalah langkah preventif kami untuk mengondisikan bahwa sebetulnya mereka di sini juga terawasi oleh kami,” tandasnya. c-mye

Pos terkait