Alur Pelayaran ke Pelabuhan Batanjung Perlu Pengerukan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dalam rekomendasinya terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kalimantan Tengah akhir tahun anggaran 2018 lalu, DPRD Kalteng menyarankan kepada pemerintah setempat mengusulkan pengerukan alur pelayaran menuju pelabuhan Batanjung, di Kabupaten Kapuas.

Usulan itu disampaikan DPRD Kalteng agar ke depan jalur pelayaran menuju pelabuhan Batanjung maupun ke Pulau Jawa dapat berjalan lancar dalam rangka kelancaran arus distribusi barang dari Pulau Jawa maupun sebaliknya.

“Untuk kelancaran alur pelayaran dalam rangka mendukung distribusi barang dan jasa di Kalteng, untuk itu diminta Pemprov Kalteng dapat mengusulkan pemerintah pusat untuk dilakukan pengerukan alur pelayaran menuju pelabuhan Batanjung,” kata Anggota DPRD Kalteng Y Freddy Ering, di gedung dewan, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Freddy yang juga Ketua Komisi A DPRD Kalteng ini mengatakan, untuk bidang perhubungan, pihaknya juga meminta agar untuk mengurangi beban angkutan jalan khususnya ruas Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) ke Palangka Raya, perlu dibuat kebijakan untuk menghidupkan kembali angkutan sungai.

“Untuk angkutan sungai ini khususnya untuk angkutan barang dan komoditas, dibaringi dengan rehabilitasi sungai, danau dan penyeberangan serta fasilitas pendukungnya,” sarannya.

Lebih lanjut, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, kedepan pihaknya juga meminta agar kedepan perlu ditingkatkan kembali program kegiatan penambahan sarana dan prasarana keselamatan jalan pada ruas jalan Provinsi.

“Kita berharap penambahan rambu-rambu lalu lintas di ruas jalan Provinsi ini bisa bersinergi dengan kabupaten/kota,” pungkas Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini. sgh

iklan atas

Pos terkait

iklan atas