Kotim Layak Tuan Rumah Porprov XII

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tim penjaringan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII, 2022 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng menilai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) layak untuk menjadi tuan rumah multi event olahraga tingkat Provinsi Kalteng. Hal itu setelah tim penjaringan meninjau langsung sejumlah lokasi, pada Senin (13/5) yang nantinya akan dijadikan tempat cabang olahraga yang dipertandingkan.

Ketua tim penjaringan Hatir Sata Tarigan mengakui, keseriusan Kotim untuk menjadi tuan rumah tersebut tak hanya dengan kesiapan fasilitas saja, tetapi dukungan komitmen antara pihak eksekutif dan legislatif yang akan mengalokasikan anggaran pembenahan sarana prasarana.

Bacaan Lainnya

“Pak bupati sendiri yang sudah menyampaikan kepada kami, bahwa beliau akan menggangarkan di APBD mulai 2020 sampai 2022 nanti, ini diluar anggaran pembangunan sirkuit balap. Jadi mereka juga sudah ada komitmen dengan menyiapkan dana. Sudah ada political will,” kata Hatir, Rabu (15/5).

Sementara itu, penetapan tuan rumah Porprov XII akan diputuskan dalam rapat anggota KONI Kalteng yang direncanakan setelah hari raya Idul Fitri nanti, sehingga tuan rumah dapat mengalokasikan anggaran tahun depan. Mantan anggota DPRD Palangka Raya ini mengatakan, sebenarnya Kotawaringin Barat dan Palangka Raya juga sudah mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat tuan rumah Porprov. Namun hingga batas waktu yang telah diberikan, hanya Kotim yang saja yang baru menyampaikan keseriusannya melalui surat resmi.

Ketua KONI Kotim Achyar Umar mengatakan, anggaran sebesar Rp70 miliar secara bertahap sudah disiapkan untuk mendukung suksesnya Kotim menjadi tuan rumah Porprov XII.

Kemudian dari 28 cabor yang akan dipertandingkan, hanya venue kolam renang dan panahan saja yang belum dimiliki. Tetapi ini segera dibangun, jika Kotim sudah diputuskan menjadi tuan rumah.

“Untuk anggaran kami tidak akan khawatir lagi. Tinggal pembenahan dan finishing sarana prasarana saja. Begitu juga dengan penginapan kami rasa sangat memadai, hotel berbintang, melati dan rumah-rumah penduduk yang bisa disewakan,” imbuh Achyar.

KONI Kotim berharap, keputusan siapa yang akan menjadi tuan rumah Porprov XII segera diketahui. Begitu juga bagi Kotim jika memang dinilai sudah layak dan telah memenuhi syarat sebagai calon tuan rumah, segera akan berbenah diri menyongsong pesta olahraga antar kabupaten di Bumi Tambun Bungai ini. yml

Pos terkait