Polwan Ditlantas Bagikan Helm Dan Nasi Bungkus Menjelang Berbuka Puasa

  • Whatsapp

Banjarmasin/tabengan.com – Sejumlah polwan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan membagikan helm dan juga nasi bungkus kepada pengguna jalan di sekitar kawasan Pasar Wadai Ramadhan di Kota Banjarmasin menjelang berbuka puasa, Selasa.

Kegiatan berbagi itu dipimpin Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi yang sekaligus Kasatgas Preemtif Operasi
Keselamatan Intan 2019.

Bacaan Lainnya

“Jadi selama Ramadhan ini, saat menjelang berbuka puasa kami memberikan sejumlah helm kepada pengendara baik dewasa ataupun anak-anak,” kata Nina di Banjarmasin, Selasa.

Dalam setiap aksinya, para polwan mengamati kondisi helm pengendara dewasa saat tiba di Pasar Wadai Ramadhan. Jika dinilai tak layak pakai atau bukan Standar Nasional Indonesia (SNI), maka langsung diganti helm baru.

Khusus bagi anak-anak juga jadi perhatian. Lantaran masih banyak orangtua yang tak melengkapi anak yang dibonceng untuk mengenakan helm.

“Tentu kami sangat menyesalkan karena masih banyak orangtua lalai akan menjaga keselamatan anaknya di jalan raya. Kami terus mengingatkan bahwa penggunaan helm untuk anak wajib demi meminimalisir fatalitas akibat kecelakaan,” jelas Nina. Selain puluhan helm yang diberikan setiap harinya, para srikandi Ditlantas Polda Kalsel itu juga bagi-bagi nasi bungkus untuk takjil warga di jalan.

Edukasi tentang tertib berlalu lintas pun jadi efektif tersampaikan ke masyarakat melalui cara-cara humanis seperti memberikan helm dan nasi bungkus tersebut.

“Berdasarkan data kita, 70% kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dengan tingkat fatalitas tinggi akibat tidak menggunakan helm standar,” tandas Nina.

Dalam sosialisasinya ke masyarakat, Satgas Preemtif Operasi Keselamatan Intan juga kerap kali mengajak para mahasiswa PG-PSD Universitas Lambung Mangkurat sebagai agent of change dari tertib berlalu lintas.

Pos terkait