Jalan di Kecamatan Kamipang Rusak

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Adanya keluhan masyarakat di ruas Jalan Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, khususnya yang berdomisili di kawasan operasional PT Arjuna mendapat tanggapan dari kalangan DPRD Kalteng.

Wakil rakyat Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gumas Duwel Rawing mengakui ruas tersebut memang mengalami kerusakan yang cukup parah.

Bacaan Lainnya

Apalagi jalur tersebut digunakan baik oleh truck perusahaan hilir mudik, serta kendaraan masyarakat yang kerap mengantar buah hasil pabrik.

“Memang ada sisi negatif dan positifnya. Pasalnya jalur itu selain dimanfaatkan perusahaan, juga sebagai akses utama masyarakat dari Kasongan, Kereng Pangi, menuju ke Desa Baon Bango,” ujarnya kepada awak media, ketika dibincangi di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dirinya mengakui memang belum lama ini, perusahaan setempat juga sempat melakukan tindaklanjut di lapangan. Sebut saja seperti membuat saluran atau parit, dengan tujuan membuang genangan yang ada di jalur tersebut. Anggota Komisi C itu juga menambahkan kerusakan itu muncul akibat risiko adanya pabrik buah sawit, yang memang banyak menampung produksi masyarakat.

Namun kalau dilihat dari sisi positif, pihak perusahaan juga banyak membantu masyarakat melalui berbagai kontribusi. Sebut saja rekrutmen SDM lokal setempat hingga soal pembelian harga buah sawit yang stabil, di lingkup kawasan itu. Terkait itu dirinya berharap agar Pemda setempat, turun tangan dalam memfasilitasi persoalan tersebut.

“Pemerintah daerah bisa menginstruksikan perusahaan terkait, untuk bisa membantu dalam perbaikan ruas jalan itu. Setidaknya agar masyarakat nyaman lewat, ditimbun dulu sementara sebelum diaspal sepenuhnya,” ujar legislator senior dari PDIP tersebut. Intinya antara masyarakat dan perusahaan perlu difasilitasi bersama, agar tindaklanjutnya tidak ada yang saling dirugikan.

Sebelumnya warga Desa Asem Kumbang Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan mengeluhkan jalan utama menuju ke Desa Asem Kumbang, hingga ruas pedesaan, yang benar-benar rusak total. Khusus di jalan utama kondisinya berlubang dan mengalami kerusakan yang cukup parah. Kendaraan yang melewati jalur itu, mesti berhati-hati serta menurunkan kecepatannya, demi menghindari lubang yang cukup dalam. drn

Pos terkait