Tarung Derajat Tunggu Pelatda Pra PON

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Persiapan terus dilakukan oleh para atlet dari cabang olahraga tarung derajat untuk menghadapi babak kualifikasi PON XX. Rencananya pra PON akan digelar November di Bandung, Jawa Barat, namun pemberitahuan secara resmi melalui surat masih belum, baru sebatas lisan.
Ketua Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kalteng, Muhammad Iqbal menyampaikan, saat ini baru melakukan persiapan umum, para atlet menggelar latihan sendiri, seminggu sekali baru latihan bersama dengan atlet lainnya.

“Kalau persiapan secara khusus belum, sekarang masih persiapan umum saja, atelt latihan masing-masing, satu Minggu sekali baru kami kumpulkan atlet untuk latihan bersama,” kata Iqbal, Selasa (12/3).

Menurut Iqbal, saat ini ada 6 orang atlet yang sudah disiapkan untuk tampil di pra PON 2019, namun rencananya akan ada seleksi lagi untuk menambah jumlah atlet hingga 10 orang. Untuk melakukan persiapan khusus, Pengprov masih menunggu kepastian pelaksanaan program pelatda dan juga dukungan anggarannya.

Pengprov Kodrat juga sudah menyusun program latihan, namun pihaknya tidak bisa menekan atlet untuk latihan intensif dikarenakan keterbatasan anggaran, sehingga untuk saat ini atlet menjalani latihan semampunya sembari menunggu pelatda. Iqbal menyarankan agar KONI bersama pemangku kepentingan bisa melaksanakan program persiapan pra PON untuk pra cabang olahraga.

Pengprov sangat optimis bisa meloloskan atletnya ke PON XX, 2020 di Papua. Jika anggaran yang tersedia cukup, maka rencananya akan membawa 6-7 orang atlet, tapi kalau tidak ada anggaran, terpaksa satu orang atlet saja yang akan diberangkatkan. Ia sangat berharap adanya dukungan anggaran sehingga tarung derajat Kalteng bisa mengirimkan atletnya lebih dari satu orang.

“KONI sendiri belum ada semacam penyemangat, tapi ini juga bukan salahnya KONI karena kita menyadari keterbatasan anggaran, paling tidak bisa beri dukungan dan semangat kepada kami agar bisa meloloskan atlet lebih dari satu orang,” kata imbuh Iqbal.

Tarung derajat memiliki prestasi yang cukup baik pada pra PON XIX, 2015. Pada saat itu satu orang atlet berhasil lolos ke PON Jawa Barat meskipun belum menyumbangkan medali untuk Kalteng. Pengprov Kodrat ingin kembali mengulang kesuksesan ini pada pra PON XX yang akan dilaksanakan dalam tahun ini. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas