Barsel Perlu Rumah Singgah bagi ODGJ

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H Rumsyah Bagan mengatakan, wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) memerlukan rumah singgah bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD Kalteng daerah pemilihan (Dapil) IV meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, dan Barito Timur Rumsyah Bagan, kepada Tabengan, pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, masalah ODGJ juga menjadi yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten untuk mendapatkan dukungan pemerintah dalam penyediaan lokasi tersendiri di kawasan Barito.

Menurutnya, apa yang ditemukan terkait perlunya rumah singgah bagi ODGJ ini adalah hasil dialog yang dilakukan kalangan DPRD Kalteng bersama dengan pejabat pemerintah kabupaten dan SOPD.

Hadir pula dalam dialog itu pihak kecamatan, tokoh masyarakat. Aspirasi yang masuk adalah perlunya rumah singgah di Kabupaten Barito Selatan.

“DPRD Kalteng melalui Dapil IV mengusulkan, adanya pembangunan rumah singgah bagi penderita gangguan jiwa. Apa yang kita usulkan ini merupakan usulan yang disampaikan langsung oleh pihak pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel). Adanya rumah singgah ini, bertujuan mewujudkan adanya ketertiban, keamanan, dan yang paling utama adalah pengendalian,” kata Rumsyag Bagan, Jumat (24/2) di Palangka Raya.

Dia katakan, rumah singgah memiliki poin penting bagi ODGJ yang memiliki sifat anarkis. Adanya rumah singga akan memberikan manfaat untuk dilakukannya pengendalian dan penanganan bagi penderita gangguan jiwa di Kabupaten Barito Selatan. Rumah singgah juga sebagai wujud penaganan ODGJ dengan azas kemanusiaan.

Terakhir, kata politisi Partai Gerindra ini, setiap ODGJ yang ditemukan, dan ditangkap khususnya di wilayah barito, tidak harus dibawa ke RSJ Kalawa Atei. Minimal rumah singgah yang ada di Kabupaten Barito Selatan ini nantinya yang akan mampu mencover ODGJ yang ada di kawasan barito. ded

Pos terkait