Ngak Usah Galau, Ikuti Langkah untuk Temukan Potensi Diri

  • Whatsapp
iklan atas

Tabengan.com – Pertanyaan seputar bakat atau potensi sering kali muncul di benak ribuan orang di seluruh dunia terutama mereka anak-anak muda. Mereka cenderung ragu apakah dirinya memiliki potensi, takut untuk memulai, dan gagal.

Jika kamu adalah salah satu orang yang mengalaminya, mungkin sudah waktunya untuk kamu beristirahat dan mencari tahu siapa diri kamu sebenarnya. Meski ini bukan sesuatu yang mudah, tetapi coba pikirkan secara logis dan kamu akan menyadari bahwa semakin kamu menundanya, semakin lama kamu akan terjebak dalam siklus keraguan dan kebingungan yang sama tentang ke mana kamu akan pergi.

Untuk membantumu, berikut ini panduan langkah demi langkah yang bisa kamu coba dalam mencari tahu bakat dan potensi dalam diri kamu. Check this out guys!

Ingat kembali semua impian
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengingat kembali semua mimpi nyata yang kamu miliki sepanjang hidup kamu. Bayangkan kembali ke masa kanak-kanak hingga tahun sekolah dan perguruan tinggi, ataupun setelah kamu tumbuh sebagai orang dewasa dan masih memiliki gairah idealisme yang tinggi.

Pisahkan apa yang sudah dan belum dicapai
Sekarang setelah kamu menuliskan semua impianmu, kamu harus memisahkannya menjadi dua kategori, yaitu mimpi-mimpi yang sudah kamu capai dan mimpi-mimpi yang belum kamu capai. Sehingga kamu akan mulai memikirkan cara untuk mendapatkan posisi atau sesuatu yang tidak kamu miliki saat ini.

Kamu juga bisa menambahkan impian yang menarik minat kamu saat ini dan akan membuat kamu mengambil peran baru dalam hidup.

Cari tahu siapa yang menginspirasi
Apakah kamu ingat jika kamu pernah merasakan kegembiraan yang membuat kamu sampai tersentuh sehingga hatimu bergetar ketika melihat orang lain mencapai peran tertentu dalam hidupnya? Apakah kamu kemudian ingin berada di tempat mereka juga? Jika demikian, tuliskan hal tersebut bisa terjadi dan siapa orangnya.

Bayangkan dan singkirkan yang tidak dibutuhkan
Lihatlah semua yang telah kamu tulis sejauh ini. Pikirkan setiap mimpi yang kamu inginkan, lalu bayangkan diri kamu berada dalam peran tersebut. Apa yang akan kamu lakukan saat ini jika kamu berada dalam peran itu? Mana yang masih menimbulkan reaksi emosional dalam diri kamu dan seperti apa perasaanmu?

Perhatikan seberapa kuat reaksi emosional kamu saat membayangkan diri kamu dalam berbagai peran. Evaluasi kekuatan reaksimu dengan memberinya nilai masing-masing dari skala 1 sampai 10, kemudian beri tanda silang pada impian atau peran yang kamu berikan nilai evaluasi terendah, dan kamu rasa mimpi itu tidak lagi berarti bagimu serta tidak kamu butuhkan

Kelompokkan dan buat daftar impian baru
Sekarang kamu sudah memiliki daftar tujuan hidupmu yang sebenarnya. Lihatlah daftar itu dengan hati-hati dan tanyakan pada diri kamu, mimpi mana yang bisa kamu kelompokkan bersama? Mana yang saling berhubungan atau intinya sangat mirip? Beri nama pada setiap kelompok yang kamu buat kemudian perhatikan baik-baik setiap kelompok yang telah kamu kumpulkan.

Setiap nama harus mewakili sesuatu tentang salah satu bakat atau potensi bawaan kamu dan mengarah pada sejumlah mimpi yang saling berhubungan tadi.

Hubung dan gabungkan daftar kelompok impian
Ini saatnya kamu perlu mencari tahu apa yang menghubungkan berbagai daftar kelompok impianmu. Tuliskan nama-nama kelompok dalam daftar. Pikirkan tentang bagaimana keberadaan satu daftar kelompok impian tertentu dapat mendukung keberadaan daftar kelompok impian yang lain.

Latihan ini hampir selalu akan menunjukkan bahwa ada hubungan di antara daftar-daftar kelompok impian tersebut.

Cari dan buat langkah strategi
Pikirkan dan tuliskan semua kemungkinan yang bisa mewujudkan impianmu di kehidupan nyata. Apa bidang profesional atau kehidupan pribadi kamu yang kita bicarakan di sini? Kegiatan apa yang dilibatkan? Apakah impian dan bakat atau potensi kamu berpengaruh pada lebih dari satu bidang kegiatan atau profesi? Semakin banyak ide yang kamu dapatkan dari sini, akan semakin baik.

Tentukan tujuan hidup
Jadi, sekarang setelah kamu memiliki daftar potensial untuk impian dan bakatmu, evaluasi setiap skenario pada skala 1 hingga 10, dari yang paling sedikit hingga ide yang paling menarik. Sekarang harus jelas arah konkret apa yang perlu kamu tuju untuk mencapai apa yang benar-benar menarik minatmu.

Jika kamu bisa sampai di sana, kamu akan yakin bahwa pencapaian mimpi tersebut akan membawa kamu pada kebahagiaan sejati dalam hidup. Karena tentu saja, ketika kamu tahu di mana bakat dan potensi diri kamu berada dan kamu memiliki kesempatan untuk menyadarinya, maka kamu akan merasa lebih percaya diri dan antusias. idn-time/wk-com

iklan atas

Pos terkait

iklan atas