Peranan Sekda Sangat Strategis

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengatakan, peranan Sekretaris Daerah (Sekda) sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Karena, tugas dan fungsi seorang Sekda yaitu membantu kepala daerah dalam perumusan kebijakan, koordinasi pelaksanaan tugas, serta pelayanan administrasi.

“Oleh karena itu profesionalisme dan integritas menjadi persyaratan yang mutlak (harus dimiliki oleh Sekda),” ujar Sugianto dalam sambutannya yang dibacakan Sekdap Fahrizal Fitri, pada pelantikan pengurus Korwil Forsesdasi) Kalteng periode 2019-2021, di Aula Eka Hapakat, Jumat (15/2).

Lebih lanjut, dia mengatakan, dengan dikeluarkannya UU No 23/2014, dimana terjadi perubahan penting tentang pemerintahan daerah, yang memperkuat status urusan otonomi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Perubahan penting tersebut antara lain, penataan daerah, pembagian urusan, pemilihan kepala daerah, kewenangan daerah, perwakilan daerah, perangkat dan kepegawaian daerah, serta pembinaan dan pengawasan.

Ditambahkannya, tugas Sekda membantu kepala daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasikan administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah.

Menurutnya, jabatan Sekda sangat strategis, maka tuntutan profesionalisme dan kehandalan dalam pelaksanaan tugas yang mencipta kinerja yang tinggi, sebagai motor penggerak dalam merumuskan dan mengkoordinasikan secara operasional dari kebijakan pemerintah daerah.

Secara khusus, untuk jabatan Sekda Provinsi, lanjutnya, Gubernur dalam menyelenggarakan tugas sebagai wakil pemerintah pusat dibantu perangkat gubernur dan Sekda, karena jabatannya ditetapkan sebagai sekretaris Gubernur.

“Untuk kelembagaan Sekretariat Gubernur sebagai wakil pemerintah akan dibentuk menunggu peraturan pemerintah yang mengaturnya,” ujarnya. dkw

Pos terkait