Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Dilanda Masalah

  • Whatsapp

Tabengan.com – Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah hidup yang kamu rasa berat? Masalah hidup selalu ada di setiap perjalanan hidup kita. Namun, ada saatnya tiba-tiba kita merasa sedih dan tidak terima atas masalah yang terjadi pada hidup kita, sehingga kita melakukan kebiasaan yang sebenarnya hanya membuang waktu berharga kita.

Menangis terus-menerus
Kamu boleh menangis sementara karena masalah yang terjadi padamu, tetapi tidak untuk menangis secara terus-menerus. Menangis sama saja kamu tidak menyelesaikan masalah, menyesali diri sendiri, sehingga secara tidak langsung, kamu membiarkan sisi burukmu terus menguasaimu. Kamu tidak mau kan, sepanjang hidupmu hanya dihabiskan untuk menangisi masalah-masalah yang terjadi padamu?

Hapuslah air matamu, kembalikanlah semangatmu dan lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan! Manfaatkanlah hidupmu untuk melakukan hal-hal yang berguna!

Terlalu lama menyendiri
Kamu boleh melakukan waktu untuk dirimu sendiri, tetapi tidak untuk waktu yang lama. Manusia adalah makhluk sosial. Kamu membutuhkan orang lain untuk mengisi hatimu yang sedang dalam gejolak perasaan apapun terhadap sesuatu, entah itu masalah yang terjadi padamu, ataupun sesuatu yang kamu sukai. Cobalah untuk keluar dari kesendirianmu, berbicaralah pada orang terdekat maupun dengan teman baru tentang seputar topik apapun.

Dengan keluar dari zona kesendirianmu dan kembali bersosialisasi dengan orang lain, kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang mungkin dapat menjadi solusi atas permasalahanmu. Janganlah larut dalam kesedihan, perbanyaklah pengalaman baru untuk inspirasi hidupmu.

Keras kepala dan merasa benar
Biasanya sifat ini timbul ketika kamu tidak bisa menerima atas permasalahan yang terjadi, mendapatkan kritik yang menyakitkan, ataupun mendapatkan solusi dari orang lain yang tidak sesuai dengan prinsipmu. Karena itu, kamu menutupi semuanya dengan memunculkan sifat tersebut.

Walaupun kamu merasa tidak terima atas masukan atau perkataan orang lain mengenai dirimu, setidaknya cobalah kamu introspeksi dirimu. Terkadang, ada saatnya kamu membuka diri untuk menerima pendapat orang lain mengenai dirimu. Masalah dapat timbul karena penyebabnya tak lain bisa dari diri sendiri ataupun orang lain. Jika saran dan kritik tersebut membangun dirimu untuk menjadi lebih baik, cobalah dengarkan dan lakukan. Terkadang, hal yang tidak kita sukai, justru membuat diri kita menjadi lebih baik, lho!

Curhat terus-menerus kepada orang terdekat
Salah satu cara untuk membuat dirimu lega atas semua permasalahanmu memang curhat kepada orang terdekat. Tapi, kalau kamu lakukan terus-menerus, kamu tidak menjadi mandiri dalam menyelesaikan masalah dan tidak memperkuat prinsipmu untuk menghadapi masalahmu. Kamu terkadang tidak tahu, setelah kamu curhat kepada orang terdekatmu, mereka kesal kepadamu karena kamu tidak pernah menyelesaikan masalahmu. Atau bisa saja, masalahmu menjadi bahan diskusi teman-teman yang lain jika teman dekatmu ternyata tidak bisa dipercaya.

Cobalah sesekali kamu memiliki waktu untuk dirimu sendiri dan introspeksi diri. Tumbuhkanlah rasa percaya pada dirimu untuk percaya pada kemampuanmu sendiri dalam menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Jika kamu yakin, pasti bisa!

Berpikir negatif
Salah satu kebiasaan yang membuatmu tidak bisa move-on atas masalah yang terjadi adalah berpikir negatif. Karena kamu merasa masalah itu menghambat keberhasilanmu dalam hidup, kamu terus berpikir dan meramalkan hal-hal yang tidak masuk akal, bahkan terus memikirkan kegagalan yang terjadi padamu terus-menerus, dan terus memikirkan kejadian buruk yang akan terjadi padamu. Berpikir negatif adalah kebiasaan yang sangat berbahaya, hentikanlah!

Rubahlah mind-set mu sekarang, pikirkanlah keadaan sekitar dan orang-orang yang masih menyayangimu, pikirkanlah kembali apa yang ingin kamu lakukan, dan apa yang kamu inginkan di masa depan. Kalahkan semua pikiran negatif itu dengan tekad kuat positifmu untuk melakukan hal yang berguna demi menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Kata-kata yang menyakiti diri
Kata-kata seperti, “aku tidak berguna”, “aku memang bodoh”, “lebih baik aku menyerah saja,” atau, “masalah ini terjadi semuanya gara-gara aku” adalah kata-kata yang sangat dilarang untuk diucapkan olehmu yang sedang memiliki masalah. Tuhan menciptakan masalah agar kita tangguh dan sabar dalam menjalani hidup serta adanya keinginan memperbaiki diri. Kalau kamu mengucapkan kata-kata ini, sama saja kamu menyakiti diri sendiri dan tidak bersyukur dengan segala nikmat Tuhan yang diberikan kepadamu.

Berhentilah untuk mengucapkan kata-kata tersebut. Sesekali ingatlah kembali hal-hal positif dan menyenangkan yang pernah kamu lakukan. Di setiap pengalaman hidup yang kamu alami, pasti ada kenangan indah yang membuatmu bangga, ataupun senang. Berhentilah mengucapkan kata-kata buruk pada dirimu, dan nyatakan pada diri sendiri “aku bisa melakukan hal-hal yang berguna untuk hidupku!” idn-time/wk-com

Pos terkait