Dewan Dukung Skema KPBU

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kalteng mendukung keinginan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, membangun rumah sakit tipe A dengan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Dukungan tersebut disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kalteng Yohanes Freddy Ering, setelah mendengarkan paparan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kamis (14/2).

“Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga ikut memberikan penjelasan, terkait pembangunan rumah sakit tipe A dengan skema KPBU,” kata Freddy, saat dihubungi Tabengan, kemarin.

Pemprov Kalteng yang dipimpin langsung Sekda Fahrizal Fitri dan dihadiri Wakil Ketua DPRD H Heriansyah serta anggota Komisi A dan D melakukan fokus grup diskusi dengan PPN/Bappenas, Kemenkeu, Kemendagri dan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

Diskusi tersebut ungkap dia, membahas rencana Gubernur Kalteng membangun rumah sakit tipe A tanpa membebani anggaran daerah. Untuk itu, saat diskusi tersebut ada satu opsi pembangunannya menggunakan skema KPBU dengan menggandeng PT PII.

“Kami dari DPRD pada prinsipnya sangat mendukung keinginan Gubernur berdirinya RSU type A di Kalteng, dan sangat mendukung skema pembiayaan pola KPBU tersebut karena jaminan kelancaran pelaksanaan dan meringankan dari aspek resiko,” tambah legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sementara, Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri memastikan tujuan pembangunan rumah sakit Tipe A, sebagai upaya menyediakan fasilitas sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih semakin baik serta optimal.

Dia mengatakan keberadaan rumah sakit tipe A itu juga tentunya membuat masyarakat Kalteng tidak perlu berobat ke luar daerah. Sebab, fasilitas dan pelayanan di rumah sakit tipe A yang akan dibangun tidak kalah dengan daerah lain.

“Masyarakat tak perlu jauh-jauh pergi daerah lain, cukup di Kalteng saja, semua bisa dilayani dengan baik. Itu sejalan dengan keinginan dan tekat Gubernur agar pelayanan kesehatan lebih baik dari daerah lain di Indonesia,” ucap Fahrizal. sgh

Pos terkait