Pemuda Diajak Gunakan Hak Politik

  • Whatsapp

KUALA KURUN/tabengan.com – Sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih di kalangan pemuda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), DPMD Provinsi Kalteng dan Komisi D DPRD Kalteng, menggelar penyuluhan bertemakan peningkatan peran serta generasi muda desa, dan hak politik dalam ketahanan masyarakat.

Kegiatan yang diikuti oleh para pemuda dari kecamatan-kecamatan di Gumas serta unsur lainnya ini dilaksanakan di Aula BP3D, Kamis (14/2). Narasumber seperti Ketua KPU Gumas Stevenson, Anggota Komisi D DPRD Kalteng MH Rizal, Kepala Kesbangpol Tasa Torang, jajaran Polres Gumas, Pabung Kodim 1016/plk, dan jajaran lainnya.

Menurut Kabid Pemberdayaan Kemasyarakatan SDA dan TTG DPMD Provinsi Suhufi Ibrahim, melalui penyuluhan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan pemuda, terkait proses pemilihan sejak masuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), tahapan mencoblos, hingga akhir pemilihan.

“Para pemuda atau kaum millenial merupakan pemilih potensial dalam pemilu 2019 ini. Dimana jumlahnya mencapai 30 persen dari seluruh pemilih yang ada,” ujarnya ketika membacakan sambutan Kepala DPMD Kalteng Hamka.

Karena itu diharapkan supaya para pemuda bisa menyumbangkan partisipasi suaranya dalam pesta demokrasi 2019. Pasalnya selama ini pemuda sebagai penerus generasi bangsa kerap dianggap buta politik.

Selain itu, pemuda memiliki sifat kritis (kontrol sosial), inovatif, kreatif, dan sering dikatakan masa pembentukan jati diri. Maka melalui penyuluhan ini, pihaknya menginginkan para pemuda menjadi sadar akan hak politiknya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Provinsi Kalteng M.H. Rizal meminta para pemuda di Kabupaten Gumas agar bisa menjadi pelopor. Tentunya selalu memulai langkah kebajikan serta mampu menjadi contoh bagi lingkungannya untuk membawa perubahan.

Wakil rakyat dari Dapil I Kalteng yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas itu berharap pemuda bisa menjadi motivator dengan memberikan dorongan atau menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang positif.

“Kami percaya pemuda Gumas adalah pemuda tangguh, cerdas, berpikir maju, serta dapat membawa perubahan pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Legislator senior dari Partai Golkar tersebut.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada DPMD Gumas, Ruby Haris mengatakan, tujuan kegiatan memberikan pencerahan, pengetahuan, dan informasi tentang seluk beluk pemilu, tujuan pemilu, hak dan kewajiban pemilih. Kemudian menyangkut peran serta, aturan yang wajib ditaati, dihindari atau dilarang, dan hukum-hukum yang diberlakukan dalam pelaksanaan pemilu tersebut.c-drn

Pos terkait