Aktivitas yang Patut Dicoba Introvert untuk Melepas Stres

  • Whatsapp

Tabengan.com – Tidak dapat dipungkiri, introvert merupakan orang yang paling rentan terhadap stres. Semua yang terjadi, baik itu masalah kecil maupun besar, selalu menjadi pikiran di dalam otak seorang introvert. Di saat seperti ini, yang dibutuhkan seorang introvert adalah menyendiri. Namun, jika hanya menyendiri dan melamun meratapi hal yang sudah terjadi tentu tidak baik bagi kesehatan mental. 8 aktivitas ini mungkin bisa jadi pilihan kamu para introvert untuk menghilangkan stres.

Berkebun
Bagi introvert yang suka dengan alam, berkebun bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu sendirian. Tak hanya itu, berkebun juga bisa me-refresh mata dan otak kamu yang sudah lelah dengan segala kegiatan di luar rumah.

Mendengarkan musik
Jika kamu hanya ingin berbaring tanpa melakukan apapun, musik bisa menjadi teman dalam melepas rasa stres kamu. Putarlah musik favorit kamu dan gunakanlah earphone agar kamu bisa lebih menikmati kesendirian.

Menonton Film
Buat introvert yang hobi nonton, cobalah tonton film yang menginspirasimu atau mungkin film komedi yang membuat kamu tertawa. Dengan tertawa dan ikut terbawa masuk ke dalam film tersebut, kamu akan melupakan stres dan penat yang kamu rasakan.

Berolahraga
Dengan berolahraga kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Bukan hanya menyehatkan fisik, tetapi jiwa kamu juga akan lebih sehat dengan berolahraga. Jika tidak suka olahraga berat, kamu juga bisa berjalan-jalan sendirian sambil menikmati udara segar.

Membersihkan dan merapikan kamar
Jika olahraga memberikan manfaat bagi tubuh kamu, membersihkan dan merapikan barang-barang juga tentu sangat bermanfaat. Kamarmu tidak akan berantakan lagi dan pastinya akan membuatmu lebih nyaman setelahnya.

Memasak dan menikmati masakanmu sendiri
Memasak makanan favorit atau bereksperimen mencoba memasak makanan baru juga bisa jadi salah satu kegiatan untuk melepas stres bagi introvert. Setelahnya, rileks dan nikmatilah makanan buatanmu.

Menulis
Menulis dapat membantumu melupakan masalah yang sebelumnya menjadi pikiran kamu. Kamu bisa menulis apa saja, misalnya artikel, curahan hati kamu, atau membuat list tentang hal apa yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu.

Mempelajari hal baru
Introvert yang gak suka membuang waktu dengan percuma bisa mempelajari hal baru sebagai pelepas stres. Kamu bisa cari tutorial apa saja di internet dan mencobanya. Ini akan membuat kamu tetap produktif.

Itulah beberapa aktivitas yang boleh banget dicoba para introvert ketika stres melanda. Gak harus dengan cara itu, mungkin kamu punya cara sendiri untuk menghilangkan rasa penat. Semua kembali pada pribadi masing-masing yang merasakannya.

Menurut teori kepribadian, setiap orang memiliki beberapa sifat Introvert dan Ekstrovert, tetapi setiap orang cenderung lebih condong ke satu kepribadian. Ekstrovert misalnya, mereka menerima energi dari interaksi sosial, sedangkan introvert lebih memilih ketenangan dan memiliki sifat pendiam untuk mengisi ulang energi mereka.

Introvert dan ekstrovert memiliki sifat kepribadian yang berbeda, oleh karena itu hal-hal yang membuat mereka bahagia juga sangat berbeda.

Introvert itu sangat moody. Mereka pasti pernah mengatakan “iya” ketika diundang ke acara tertentu sebagai formalitas semata, namun ketika hari H-nya tiba, mereka bisa gak datang ke acara tersebut.

Bukan ingkar janji, hanya saja mereka gak suka menghabiskan banyak waktu yang membuat energinya kendur, dan lebih suka meluangkan waktu untuk mengisi ulang energinya.

Karena hal itu, sering sekali mereka gak disukai beberapa orang. Maka dari itu, introvert akan sangat bahagia jika ia memiliki teman yang pengertian dan empatik, dan teman-teman seperti itu pasti gak akan menyimpan dendam terhadap mereka. idn-time/wk-com

Pos terkait