Dewan Minta PT BAK Segera Bayar Hak Karyawan

  • Whatsapp
iklan atas

MUARA TEWEH/tabengan.com – Hingga kini, karyawan perkebunan kelapa sawit PT Berjaya Agro Kalimantan (BAK) belum mendapat kepastian pembayaran hak mereka yang sudah 4 bulan ini belum dibayar perusahaan.

Kondisi ini tentunya sangat berdampak buruk bagi kelangsungan hidup para pekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang berlangsung baru-baru ini, antara anggota DPRD, Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM, manajemen PT BAK, Ketua PBSI, dan puluhan karyawan PT BAK, anggota dewan mendesak agar hak-hak karyawan tersebut segera dibayarkan.

Seperti ditegaskan H Mulyar Samsi. Ia tegas meminta agar PT BAK segera membayar hak berupa gaji dan THR Natal karyawan.

“Inti yang saya simak, tuntutan karyawan ini tidak neko-neko. Mereka hanya meminta hak mereka dibayarkan. Kami berharap investor yang melakukan usaha di daerah ini jangan nakal kepada karyawan, sebab karyawan perusahaan memiliki hak dan juga tanggungjawab yaitu menafkahi anak dan istrinya,” katanya.

Dia meminta kepada Wakil Manager agar menyampaikan kepada pimpinan untuk menyelesaikan masalah ini dengan hati nurani. Jangan beralasan kalau perusahan rugi.

“Sebab jika perusahaan terus rugi maka perusahaan lebih baik tutup,” ujarnya.

Dia juga menyayangkan, dalam RDP tersebut, hanya dihadiri atau diwakilkan Wakil Maneger, seharusnya pemilik perusahaan wajib hadir. Sebab jika Wakil Maneger menyampaikan hasil pertemuan, dikhawatirkan memakan waktu.

Sementara itu, Hermanto, Wakil Maneger PT BAK mengatakan, kedatangannya menyampaikan pesan dari Direktur yang tidak dapat hadir dalam rapat tersebut karena sedang berada di Medan.

Berdasarkan isi surat Direktur, kata Hermanto, terdapat beberapa poin diantaranya sejak awal beroperasinya kebun sawit hingga sekitar bulan Juli 2018. Hasil usaha kebun sawit belum cukup untuk membayar gaji karyawan setiap bulannya.

“Kekurangan untuk membayar gaji karyawan selama ini diperoleh dengan meminjam kepada pihak lain, atau dengan kata lain untuk biaya operasional masih disubsidi setiap bulannya,” akunya.c-ryu

iklan atas

Pos terkait

iklan atas