Hati-hati, Pola Pikir Ini Bikin Susah Berkembang

  • Whatsapp

Tabengan.com – Banyak hal dalam hidup ini yang sering kita anggap enteng ternyata dapat menghambat diri kita. Kehidupan kadang memberikan banyak pelajaran yang harus kita terima dengan lapang dada. Di balik banyaknya pelajaran yang dapat kita ambil. Kehidupan juga menuntut kita untuk terus berkembang seiring waktu.

Dan ternyata ada beberapa pola pikir yang bisa menghambat berkembangnya diri. Apa saja?

Bacaan Lainnya

Tidak percaya diri
Tidak percaya diri adalah faktor besar yang menghambat dirimu tidak berkembang. Dengan ketidakpercayaan diri tersebut justru akan membatasi dirimu baik dari segi sosial dan kemampuan diri. Padahal kesuksesan seseorang salah satunya ditentukan oleh sejauh mana orang tersebut percaya dengan dirinya.

Jadi, cobalah belajar untuk lebih percaya diri secara bertahap. Gali potensi dirimu dan yakinlah bahwa kamu bisa lebih percaya diri.

Terlalu banyak mengeluh daripada bersyukur
Selalu mengeluh dan lupa bersyukur. Buang jauh kebiasaan tersebut. Dengan pola pikir yang tidak mau berusaha dan hanya mengeluh, justru akan menjerumuskanmu ke lubang kegagalan lebih dalam. Selalu mengeluh pada akhirnya membuat kita menjadi lupa bersyukur.

Takut dengan tantangan baru
Ada rasa takut dan tidak ingin keluar dari zona nyaman. Hati-hati, pola pikir seperti ini jika terus menerus kamu terapkan dalam hidupmu justru dapat menghambat perkembangan diri.

Jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru selagi itu positif. Tantangan baru pastinya akan memberikan pelajaran baru dalam hidup. Tentunya juga dapat meningkatkan kualitas diri seiring waktu. Jadi jangan takut dengan tantangan ya.

Pesimis dan mudah menyerah
idak memiliki rasa optimis dan sangat mudah menyerah menjadi penghambat dirimu untuk berkembang berikutnya. Pola pikir yang terlalu pesimis tentunya sangat tidak baik tidak hanya untuk dirimu namun juga bagi lingkunganmu. Pesimis justru hanya akan membuatmu takut untuk melangkah maju dan hanya stagnan di keadaan sekarang.

Jika pola pikir pesimis dikombinasikan dengan sifat mudah menyerah maka yang ada hanya dirimu yang tidak akan pernah bisa berkembang.

Terlalu sering berprasangka buruk
Cobalah untuk selalu berpikiran positif. Buang jauh prsangka-prasangka buruk terhadap orang lain dan tentu saja dirimu sendiri. Karena apa yang kita pikirkan, itulah yang akan mempengaruhi tindakan kita. Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif dan singkirkan prasangka buruk dari pikiranmu.

Kesuksesan adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang tengah berjuang. Kamu tentunya satu dari sekian banyak orang yang menanti sukses. Akan tetapi, gimana kalau justru temanmu mencapai tangga sukses lebih dulu daripada kamu? Padahal dulu pernah sama-sama berjuang bareng.

Bukan tak mungkin kamu merasakan yang namanya iri hati. Namun kamu pasti tahu kalau iri berkepanjangan tak baik buat dirimu sendiri. Lalu gimana caranya biar secepatnya lepas dari iri yang menyiksa?

Bisa melihat hasil dari jerih payah
aat temanmu sukses, itu adalah hasil yang akhirnya ia tuai. Maka kamu tak boleh membandingkannya dengan proses yang sedang kamu lalui ini. Kamu pun sebetulnya tak pernah tahu seluruh perjuangan yang dia telah kerahkan.

Boleh jadi perjuangannya lebih dari apa yang kamu lihat di permukaan. Bisa saja kamu tak melihat upaya lain dan seberapa banyak peluh juangnya demi mencapai puncak kesuksesan.

Berbesar hati dengan mengakui kehebatan
“Kenapa sih dia sukses duluan, padahal dia gak jauh lebih baik dari aku.”

“Apa coba hebatnya dia? Ah, paling cuma hoki aja.”

Denial atau penyangkalan semacam itu sudah mestinya kamu hentikan. Ketika kamu tak rela dengan kesuksesan orang lain, ada kecenderungan untuk menyangkal kehebatannya. Sering diabaikan, tapi perilaku seperti itu akan bebani diri sendiri lho.

Akuilah kehebatan temanmu. Jangan ragu untuk melihat karakter positif yang ada dalam dirinya serta jadikan contoh baik untuk memacu semangatmu. idn-time/wk-com

Pos terkait