Berbahaya, Hal Ini Bisa Merusak Hidup

  • Whatsapp

Tabengan.com – Terkadang, hal terbesar yang menghambat kita untuk menjadi lebih baik, atau memperoleh hal yang baik adalah diri kita sendiri. Tapi seringkali kita tidak menyadarinya. Justru, kita mencari kesalahan orang lain ataupun menyalahkan keadaan.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Tidak ada kata terlambat untuk memulai perubahan. Hidup selalu memberi kita pilihan dan kesempatan. Kalau ingin punya hidup yang baik, tentu kita harus memperbaiki diri terlebih dahulu kan?

Nah, coba perhatikan apakah kamu masih sering melakukan enam kebiasaan buruk di bawah ini atau tidak.

Kebanyakan gengsi
Takut terlihat jelek di mata orang lain sampai rela melakukan hal yang merugikan diri sendiri. Gengsi memulai suatu usaha karena takut akan omongan orang lain. Pemikiran-pemikiran semacam itu harus dibuang jauh guys. Orang lain memang hanya bisa melihat yang tampak mata saja, dan mereka juga punya mulut untuk berbicara.

Jadi biarkan saja. Lakukan apa yang kamu suka, apa yang kamu bisa, dan apa yang kamu pikir berguna. Lagipula kritik dan saran dari orang lain memang diperlukan kok supaya bisa lebih berkembang.

Terlalu banyak protes
Apapun yang kamu peroleh dalam hidupmu selalu kamu anggap kurang. Apapun yang tidak sesuai ekspektasimu selalu kamu anggap suatu kesalahan. Padahal ingat bahwa segala hal yang terjadi dalam hidupmu punya maksud dan tujuan. Bahkan hal yang kamu anggap kebetulan terkadang berakhir sebagai hal yang paling kamu syukuri.

Cobalah berpikir sebelum berbicara. Jika kamu tidak bisa mengatakan hal yang positif, mungkin lebih baik kamu tidak berkata apapun. Apa yang kamu anggap baik bagimu belum tentu benar begitu loh. Belajar menerima kenyataan, daripada terlalu banyak protes yang nantinya bisa membuatmu menyesal.

Selalu menunggu waktu yang tepat
Bermimpilah seolah kamu akan hidup selamanya. Tapi bekerjalah seolah kamu hanya hidup hari ini. Setiap waktu yang kamu buang sia-sia adalah keberhasilan yang kamu tunda. Gak perlu menunggu perfect timing untuk mulai mengerjakan sesuatu. Apalagi sekedar menunggu mood. Kalau tidak segera dimulai, dikerjakan, lantas kapan selesai?

Waktu terus berjalan. Gak pernah berhenti untuk siapapun. Kamu akan ketinggalan oleh orang yang lebih menghargai waktu. Gak usah membuat terlalu banyak planning dan memusingkan hal-hal yang akan terjadi. Cukup lakukan apa yang bisa kamu lakukan saat itu juga.

Iri hati dan gak bisa bersyukur
Hidup jangan selalu melihat yang di atas, tapi sesekali lihatlah yang di bawah. Susah untuk merasa cukup, karena keinginan manusia itu gak terbatas kalau gak dikontrol. Selalu ada yang lebih dan lebih. Padahal terkadang orang yang membuatmu iri adalah orang yang sebenarnya tidak memiliki lebih dari apa yang kamu miliki.

Mereka hanya lebih tau bagaimana caranya bersyukur dan menghargai apa yang mereka punya. Maka dari itu, bersyukur dan berhenti melihat hijaunya rumput tetangga.

Gampang terpancing emosi
Emosi negatif seperti amarah adalah hal yang harus dikontrol sebaik mungkin. Gak bisa mengontrol emosi pada hal-hal sepele bisa merugikan dirimu sendiri. Kamu bisa menyakiti perasaan orang lain, sulit mendapatkan teman, atau lebih parahnya mendapatkan balasan dari perbuatanmu.

Gak semua orang punya pendapat, selera, dan cara pandang yang sama denganmu. Selain itu, kamu juga harus bisa memahami cara bercanda orang lain. Jangan gampang baper dan tersinggung dengan joke orang lain. Ingatkan mereka jika sudah berlebihan, tapi tetap dengan cara yang santai.

Terlalu mudah percaya orang lain
Kalo kata orang, semakin percaya, semakin mudah kecewa. Benar gak sih? Di kehidupan yang semakin keras ini, mungkin ada baiknya juga untuk menaruh curiga pada orang lain. Kita memang harus selalu berprasangka baik, tapi bukan berarti jadi mudah tertipu.

Coba untuk lebih selektif dan lebih mengingatkan diri sendiri supaya gak mudah termakan omongan orang lain. Jangan benar-benar percaya seratus persen, karena manusia adalah makhluk yang bisa khilaf. Sisakan beberapa persen untuk melindungi perasaanmu sendiri.

Gak ada kata telat untuk berubah menjadi lebih baik. idn-time/wk-com

Pos terkait