ASN Direncanakan Dapat Rumah

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kabar gembira bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Betapa tidak, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) setempat berencana memberikan rumah untuk tempat tinggal mereka kelak.

“Program penyediaan rumah bagi ASN ini sedang digodok,” ujar Kepala Disperkimtan Leonard Samuel Ampung, kepada Tabengan, Rabu (16/1).

Menurutnya, dalam program tersebut banyak hal yang harus dipersiapkan, sehingga bisa berjalan dan terlaksanan dengan baik. Persiapan itu, lanjutnya, berkaitan masalah lahan. Pemprov masih mengupayakan lokasi perumahannya.

Leonard menuturkan, sekarang terlebih dahulu akan diinventarisasi mana saja lahan yang menjadi hak milik pemerintah. Di lokasi tersebut, akan dilakukan penghitungan luasannya sehingga dapat diperkirakan berapa banyak rumah yang akan dibangun.

“Itu yang menjadi tahapan awal terlebih dahulu, yakni menemukan lahan. Lahan yang sudah tersedia, tentu saja akan dikonsultasikan dengan pihak terkait, mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Sedangkan status rumah, lanjutnya, ketika sudah diberikan akan menyusul. Apakah dapat menjadi milik pribadi, atau sifatnya hanya sebatas sementara saja.

Ia menjelaskan, program ini akan dikonsultasikan dan dilaporkan terlebih dulu kepada pimpinan. Apabila memang mendapatkan persetujuan, maka dapat segera dilaksanakan.

Namun, fokus utama adalah melakukan inventarisasi mana saja lahan yang memungkinkan untuk dimanfaatkan, salah satunya adalah pembangunan rumah bagi ASN. ded

Pos terkait