Pola Pikir Ini Bisa Bikin Kesehatan Mental Memburuk!

  • Whatsapp

Tabengan.com – Hidup di zaman millenial memang tergolonggampang-gampang susah. Gampang karena semua hal sudah didukung oleh kemajuan teknologi. Susah karena di zaman ini orang-orang makin rentan dihinggapi sakit mental. Bahkan tak sedikit orang-orang yang memilih bunuh diri karena tak kuat hidup di zaman millenial.

Sebenarnya kesehatan mental yang memburuk bisa saja terjadi kapan saja dan pemicunya adalah 5 pola pikir berikut ini!

Bacaan Lainnya

Perfeksionis
Pola pikir yang bisa membuatmu sakit mental salah satunya adalah perfeksionis. Seseorang yang perfeksionis takkan mau menerima suatu hal yang bukan keinginannya.

Semuanya harus berjalan sesuai keinginan dirinya dan kalau tidak dia akan merasa stres yang lambat laun akan mempengaruhi kesehatan mentalnya.

Selalu dihantui rasa bersalah
Semua manusia tak diciptakan sempurna dan sesekali pastinya melakukan kesalahan. Tapi jika kamu terus diliputi perasaan bersalah pada suatu hal atau seseorang lambat laun hal ini pun akan mempengaruhi kesehatan mentalmu.

Perasaan bersalah akan membuat seseorang overthinking dan akhirnya stres. Saat sudah mencapai puncak stres bisa saja dia sudah tak lagi mampu berpikir dengan benar dan logis.

Selalu merasa gagal
Semua orang pernah gagal tetapi yang membedakan adalah ada yang bangkit dari keterpurukan ada yang malah meratapi diri dan tak mau menerima kegagalan tersebut.

Pola pikir selalu merasa gagal dan tak mau bangkit lagi jelas membahayakan karena lambat laun seseorang yang berpikir selalu merasa gagal akan rendah diri dan akhirnya menyalahkan diri sendiri. Puncaknya dia akan merasa dirinya tak berguna dan ujung-ujungnya keinginan untuk bunuh diri pun tak terelakkan.

Tak selalu berandai-andai
Kalau suatu momen sudah terjadi ya sudah saja terima dan hadapi dengan hati lapang. Ketika kamu malah terus berandai-andai seperti misalnya berpikir ‘andai hal ini tidak terjadi’ atau ‘andai aku tak seperti ini’ hanya akan membuat suasana hatimu makin terpuruk yang akhirnya kamu malah tak mau menerima keadaan. Padahal dalam hidup, ya memang seperti ini, tak segala hal terjadi seperti maunya kita.

Berpikir catasthropic
Berpikir catasthropic artinya seseorang selalu berpikir kemungkinan terburuk yang terjadi ketika ditimpa suatu masalah. Puncaknya dia selalu berpikiran negatif dalam segala masalah yang hadir dan bukannya dia optimis dalam menjalani hidup yang ada dia malah terpuruk dan akhirnya kesehatan mentalnya pun bisa terganggu.

Nah, mulai sekarang buang jauh-jauh ya 5 pola pikir tersebut dan teruslah semangat dalam menjalani hidup!. idn-time

Pos terkait