Teh Daun Katuk, Minuman Unik dari Palangka Raya

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Daun katuk biasanya dipergunakan oleh masyarakat untuk dijadikan sayuran yang nikmat sebagai makanan sehat di rumah. Sementara itu, di Palangka Raya daun katuk ternyata tidak hanya bisa dijadikan sayur namun bisa dijadikan teh yang cukup nikmat.

Teh daun katuk asal Palangka Raya ini diproduksi oleh salah seorang UKM (Usaha Kecil Menengah) Ibu Mariatmi Emi atau Emi sapaan akrabnya. Sebelumnya ia telah sukses berinovasi dengan menghadirkan teh Kalakai yang cukup sukses di pasaran kota Palangka Raya.

“Sebelumnya saya telah memproduksi teh kalakai untuk warga kota Palangka Raya,” ungkapnya kepada Tabengan, Rabu (16/01) di Palangka Raya.

Dikatakannya, teh ini dibuat dengan komposisi daun katuk, teh hijau, dan bunga melati. Kolaborasi dari ketiga bahan ini mampu untuk menghasilkan teh yang wangi dan nikmat serta cocok dinikmati saat sedang bersantai dengan keluarga.

“Komposisinya ini terdiri dari bahan- bahan yang ada di sekitar kita sehingga menghasilkan teh yang rasanya sangat nikmat,” katanya.

Teh daun katuk ini dikemas di kota Palangka Raya dengan menggunakan kantung (teh celup) yang kemudian dikemas dengan kemasan yang cukup menarik. Kemudian, produk miliknya kinipun telah tersebar di beberapa toko oleh- oleh maupun pusat perbelanjaan yang ada di Palangka Raya.

“Ini bentuknya teh celup dan semuanya dikemas dan dipasarkan kdi dalam wilayah kota Palangka Raya sendiri,” imbuhnya.

Disamping itu, dengan segala keterbatasannya iapun dibantu oleh tiga orang rekannya untuk memproduksi teh yang diberi nama “Teh Daun Katuk Rossemi”. Untuk harganya sendiri, teh daun katuk isi 20 kantong seberat 40 gr dihargai sekitar Rp 16 ribu/ kemasannya.

“Untuk harganya juga cukup terjangkau kalau dari rumah produksinya, yakni sekitar Rp. 16 ribu/kemasannya dan mungkin agak sedikit berbeda ketika telah dijual di tempat lain,” cetusnya.

Ia berharap, setelah berhasil mengeluarkan produk teh kalakai beberapa waktu lalu, teh daun katuk miliknyapun bisa untuk diterima di pasaran kota Palangka Raya sehingga bisa untuk memajukan ukm di Kalteng.

“Saya hanya berharap agar produk saya ini bisa semakin diterima di pasaran kota Palangka Raya sehingga UKM Kalteng semakin maju,” harapnya. m-ybs

Pos terkait