Cara Dewasa Hadapi Orang yang Suka Nyinyir

  • Whatsapp

Tabengan.com – Entah kenapa, zaman sekarang banyak sekali orang yang dengan mudah memberi komentar negatif terhadap hidup orang lain. Berlagak seolah hidupnya sudah benar saja, orang-orang ini tanpa ampun sering menyebarkan sesuatu yang bahkan banyak dibuat-buatnya dari pada benarnya.

Hanya karena kita bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan jurusan, tiba-tiba banyak yang mengolok-olok seolah kita gak pantas untuk bahagia.

Tahu gak, kalau nyinyiran kayak gini terus kita masukkan ke dalam hati, ujung-ujungnya yang akan sedih dan merana adalah kita sendiri. Sementara para “nyinyirers” ini hanya akan tertawa di atas penderitaan kita.

1. Abaikan
Cara yang sebenarnya paling santai dan paling ampuh dalam menghadapi netizen nyinyir adalah dengan mengabaikannya. Mengabaikan sepenuhnya tanpa mau tau apa yang dikatakan orang lain akan membuat kita lebih bahagia menjalani hidup. Selain itu, karena kita gak merespon nyinyiran mereka, pada akhirnya orang-orang ini akan capek sendiri dan berhenti mengurusi hidup kita.

2. Tanyakan secara langsung padanya
Gak banyak orang yang bisa santai dan mengabaikan begitu saja jika ada komentar miring tentang dirinya. Jika kamu termasuk dalam kategori orang seperti ini, maka mungkin kamu bisa mengambil langkah kedua ini. Tanyakan secara langsung dan berhadapan dengan nyinyirers itu secara langsung. Maka, kemungkinan besar dia akan berhenti mencampuri hidupmu.

3. Dekati tempat dia suka nyinyirin
Selanjutnya, jika kamu sudah bertemu langsung dengannya dan ternyata dia masih melakukan hal yang sama di belakangmu. Jika memungkinkan, maka kamu perlu mengambil langkah selanjutnya. Yaitu dengan mendekati teman-temannya. Tempat dia berbagi gosip tentangmu.

Jika sudah dekat dan teman-temannya itu sudah mengenal kamu dengan baik, maka mereka juga jadi gak enak untuk ikutan nyinyirin kamu. Iya kan?

4. Tunjukkan bukti itu gak benar
Sudah gerah dengan para netizen yang sok benar itu? Kamu perlu menunjukkan bukti bahwa apapun yang dikatakan soal kamu itu gak benar. Gak perlu heboh-heboh dengan update status alay marah-marah tentang mereka, kok. Cukup unggah prestasi yang sudah kamu dapatkan maka mereka akan terdiam seribu bahasa.

5. Perluas jaringan pertemanan
Agar gak stress dan mudah emosi, alangkah lebih baik kamu menghindari orang-orang itu. Manusia di dunia ini masih banyak banget, guys. Kehilangan beberapa teman yang kerjaannya cuma menyebar kebencian, itu lebih baik buat kesehatanmu.

Selain itu, kamu mudah kok mendapatkan teman-teman baru lainnya. Ikutlah komunitas yang berkegiatan positif, maka semuanya akan terasa lebih baik.

6. Sibukkan diri dengan hal bermanfaat
Terasa berat untuk mengabaikan nyinyiran orang? Mungkin kamu kurang kesibukan. Carilah kegiatan lain yang bisa menyibukkan pikiran dan tubuhmu, lebih bagus lagi jika bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Selain bisa melupakan komentar negatif orang, kamu juga jadi bisa nambah uang saku, deh. Wah banget kan?

7. Tanamkan mereka gak akan bisa menjatuhkan
Kita gak bisa mengendalikan pikiran orang lain terhadap kita, tapi kita punya kemampuan untuk mengendalikan pikiran kita sendiri. Sehingga, menanamkan hal positif dalam benak kita adalah hal yang perlu banget biar kita gak mudah terjatuh meski banyak nyinyiran tidak enak di luar sana.

Siap hadapi nyinyiran dengan sikap yang lebih dewasa kan?. idn-time/wk-com

Pos terkait