Hal Penting Dilakukan Agar Hidup Lebih Produktif

  • Whatsapp

Tabengan.com – Berbicara soal produktivitas berarti berbicara juga tentang waktu. Produktivitas itu sendiri timbul dari hasil pengelolaan waktu yang baik.

Sayangnya, masalah yang dihadapi generasi saat ini adalah waktu. Masih banyak orang yang belum bisa me-manage waktu dengan baik. Ambil contoh paling nyata adalah budaya suka menunda-nunda yang masih begitu melekat.

Penundaan waktu inilah yang sering membuat seseorang tidak produktif sehingga apapun yang dikerjakan terlihat sia-sia. Kebanyakan orang menjadi lebih malas dan membuang waktu dengan alibi bahwa semua hal bisa didapat dengan mudah karena sudah canggih.

Peter Decker seorang penulis sekaligus Bapak “Manajemen Modern” berkata,

Jika tidak dapat mengelola waktu, maka kita tak akan mampu mengelola apapun

Kalau waktu saja tidak dapat dikelola dengan baik, bagaimana bisa mengelola hal lain? Tapi, jangan khawatir karena kamu bisa kok keluar dari zona itu. Kamu bisa memiliki hari-hari yang produktif dari pengelolaan waktu yang baik kalau kamu mempraktikkan hal berikut ini.

1. Bertindak untuk hal penting
Kalau kamu memfokuskan diri kamu untuk hal yang mendesak tapi sebenarnya gak begitu penting, maka kamu hanya menghabiskan waktumu saja.

Fokuslah untuk hal yang penting namun tak mendesak. Contoh, misalkan kamu punya tugas kantor atau sekolah yang dikumpulkan minggu depan dan kamu sudah mengalokasikan waktu dengan pas untuk nyicil sampai laporan tersebut dikumpulkan.

Namun, di hari tertentu kamu diundang untuk ikut acara ulang tahun kerabat kamu yang waktunya sama dengan waktu kamu untuk ngerjain laporan yang sudah kamu buat.

Nah dari sini kamu sudah bisa tahu kan mana yang kamu proritaskan?

2. Jangan cepat puas dengan pencapaian
Kamu tidak boleh cepat puas dengan pencapaian yang kamu sudah dapatkan. Agar kamu lebih produktif, capai lagi hal lain yang lebih menantang. Ini akan membuatmu bersemangat dan mengerahkan semua waktumu secara maksimal.

3. Luangkan waktu untuk evaluasi
Kamu perlu juga evaluasi apakah kamu sudah cukup produktif hari ini atau belum. Bagaimana pengelolaan waktumu. Apa yang perlu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Mana yang masih kurang dan perlu perbaikan. Meluangkan waktu untuk evaluasi juga merupakan tanda bahwa kamu peduli pada dirimu.

4. Jangan gadget yang mengendalikan
Teknologi yang semakin canggih seringkali merampas waktu-waktu produktif. Notifikasi-notifikasi juga tak jarang mendistraksi perhatian kamu akan prioritas yang seharusnya dikerjakan. Kalau kamu mencemplungkan dirimu terlalu lama pada gadget yang mana itu tidak menunjang pekerjaanmu maka hati-hati ya. Kamu sedang dikendalikan olehnya.

Bijaklah dalam menggunakan gadget, guys. Gunakanlah gadget untuk hal yang mendorong kamu untuk lebih produktif.

5. Jangan biarkan diri kehabisan tenaga
Jangan lupa ketika kamu berniat untuk mengelola waktumu dengan baik agar lebih produktif, kamu akan diperhadapkan dengan banyak hal yang akan menguras tenagamu. Kamu juga harus sering recovery staminamu ya. Bisa dengan bergerak atau berolahraga, makan makanan sehat, dan istirahat yang cukup.

Ingat ya guys, seseorang dikatakan produktif ketika ia bisa menggunakan waktu yang ia miliki dengan sebaik mungkin. Jadi jangan buang-buang waktu untuk hal yang sia-sia. Mulai sekarang jadilah produktif ya! .idn-time

Pos terkait