Walikota Tegur Pelanggar Lalu Lintas Melalui CCTV

  • Whatsapp

BANJARMASIN/tabengan.com – Sejak Senin (7/1), Pemko Banjarmasin melalui Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin mulai memonitor arus lalu lintas. Daftar 5 Lokasi di Banjarmasin yang Terpantau CCTV, Pelanggar Lalu Lintas Ditegur di Tempat

Namun kali ini pengawasan dilakukan dari CCTV yang terpasang pada delapan titik traffic light di Kota Banjarmasin.

Adapun delapan titik tersebut diletakan pada lima lokasi traffic light.

Dua CCTV berada di simpang empat Jalan Antasari. Dua unit lainnya berada di Jalan Lambung Mangkurat, tepatnya di simpang Mentari.

Dua CCTV juga di pasang di Jalan A Yani, KM 6 Banjarmasin. Satu unit terpasang di Simpang Kamboja dan satu lainnya berada di Simpang Tower, Jalan Sutoyo S.

CCTV tersebut bisa dimonitor dari ruang kontrol Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. Ruang kontrol lalu lintas juga menyediakan sound announcer. Sehingga pengendara yang melanggar bisa ditegur jarak jauh.

“Mereka yang melanggar akan mendapatkan sanksi moral. Karena malu saat ditegur di antara orang banyak,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik.

Sebutnya pula, pelanggar yang pernah ditegur kemungkinan tidak akan berani lagi mengulangi kesalahannya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berkesempatan memonitor arus lalu lintas di Kota Banjarmasin, khususnya traffic light. Ia mendatangi ruang monitor lalu lintas Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, di Japan Karya Bhakti, Pasir Mas, Senin.

Melalui layar monitor yang terkoneksi ke CCTV di sejumlah perempatan jalan, Ibnu Sina di dampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik melihat para pengendara. Banyak di antaranya taat lalu lintas. Namun ada pula yang terlihat melanggar.

Di dalam ruangan tersebut, Ibnu Sina bisa beinteraksi langsung dengan para pengguna jalan, terutama mereka yang berhenti saat lampu merah.

Orang nomor satu di Kota Banjarmasin itu sempat menegur beberapa pengguna jalan yang berada di zebra cross.

“Untuk pengendara yang berada di zebra cross, silakan mundur dulu,” ucap Ibnu Sina, bahkan ia menyebutkan deskripsi fisik dari si pelanggar. Secara otomatis pula, pengendara yang merasa langsung menjalankan instruksi wali kota.

Ibnu mengatakan, melalui CCTV tersebut, Dinas Perhubungan bisa memonitor pengguna jalan. Tentunya juga bisa melihat kemacetan yang terjadi di Kota Banjarmasin.

Melalui pengontrol lalu lintas itu, Ibnu berharap agat kondisi para pengguna jalan semakin tertib berlalu lintas. tb-com

Pos terkait