Kembangkan PAUD di Perdesaan

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Lodewik C Iban mengatakan, pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di perdesaan memerlukan perhatian dari pemerintah. Pasalnya sampai saat ini keberadaan PAUD banyak kekurangan fasilitas.

“Masyarakat meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau memperhatikan pendidikan PAUD, khususnya di wilayah pelosok,” kata anggota dewan dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem)

Lodewik, saat dibincangi Tabengan, di gedung dewan, Senin (7/1).

Permintaan masyarakat bertujuan agar anak-anak di desa pun dapat mempunyai dan mengerti ahlak yang baik dari pendidikan sedini mungkin yang menjadi dasar kemandirian hidup anak-anak kelak.

Lodewik menyampaikan, pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi.

Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai dengan pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan sosial.

“Pendidikan anak usia dini ini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan danperkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal, oleh karenanya patut mendapat dukungan dari pemerintah daerah,” harapnya. sgh

Pos terkait