Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menjalani Hidup Sederhana

  • Whatsapp

Tabengan.com – Memiliki gaya hidup sederhana ternyata dapat membantu menata hidup kita. Kesederhanaan tidak hanya berkaitan dengan perilaku tetapi juga dalam cara kita berpikir. Banyak orang terkenal dan sukses tidak membuang waktu untuk memilih pakaian, mereka lebih suka menghabiskannya untuk bisnis atau komunikasi dengan keluarga.

Menjadi sederhana bukan tentang menghemat uang dan membeli barang-barang yang murah. Kesederhanaan adalah tentang konsumsi rasional dan masuk akal, membebaskan ruang dari hal-hal dan detail yang tidak perlu. Selain itu, hidup sederhana juga akan memberikan beberapa manfaat berikut ini.

Bacaan Lainnya

1. Memberi kenyamanan
Hal-hal ditemukan lebih cepat ketika mereka dibiarkan di tempatnya. Benda-benda tidak berguna akan mengalihkan perhatian dan merusak konsentrasi kita karena benda itu hanya “membebani” ruang. Terlebih lagi, sebagian besar item tambahan ini bahkan tidak kita gunakan sama sekali.

Semakin banyak hal yang kita miliki di rumah, semakin banyak waktu yang kita butuhkan untuk menertibkan. Menganalisis barang-barang dan pakaian sambil membersihkan ruangan pada saat yang sama akan mengatur pikiran dalam benak kita karena ketertiban di rumah mengarah ke keteraturan dalam pikiran yang dapat memberikan kenyamanan bagi kita.

2. Menghemat waktu, uang
Lemari pakaian kita tidak akan menjadi lebih buruk jika alih-alih terdapat 20 tas di lemari ternyata hanya ada tiga sampai empat – karena pada akhirnya justru kita tidak akan memakainya sebagian besar. Dengan membeli barang bagus dan berkualitas tinggi, kita menggunakannya lebih lama yang berarti kita peduli terhadap lingkungan.

Hidup minimalis menghabiskan lebih sedikit uang bukan karena kita pelit, tetapi karena kita harus bertanya pada diri sendiri sebelum membeli dan membuat keputusan secara rasional.

3. Membuat berpikir dua kali
Barang-barang akan menjadi usang. Bahkan mobil yang paling bagus sekalipun tidak akan menjadi investasi yang menguntungkan. Tentu saja, itu tidak buruk ketika ada kesempatan untuk menginvestasikan uang dalam barang antik dan perhiasan, sehingga kita bisa memastikan masa pensiun yang nyaman.

Bepergian dengan transportasi umum, berpakaian sederhana dan, tidak mengejar merek sama sekali adalah perilaku yang lebih baik karena antisipasi untuk membeli kadang-kadang lebih banyak pada kesenangan daripada nilai guna barang itu sendiri, dan euforia memilikinya tanpa kita sadari akan hilang begitu cepat.

Tetapi, bukan berarti bahwa seseorang harus sepenuhnya meninggalkan barang-barang yang memuaskan mereka. Ingatlah untuk bertanya pada diri sendiri apakah membeli barang tertentu benar-benar diperlukan.

4. Menikmati hal-hal sederhana
Tidak peduli apa yang orang lain katakan, ingatan hidup di kepala kita sendiri atau kadang-kadang dalam foto dan video. Uang tidak selalu diperlukan – apa yang akan kita ingat lebih banyak adalah momen seperti ketika kita memilih tirai yang sempurna pada hari libur atau pergi piknik yang sudah lama ditunggu-tunggu bersama teman-teman lama.

Karena itu, jauh lebih menjanjikan untuk menginvestasikan sesuatu dalam perkembangan sendiri atau dalam kesan dan emosi karena pada akhirnya, hal-hal inilah yang paling diingat dalam hidup.

5. Meminimalisir beban pikiran
Semakin sedikit hal-hal yang tidak perlu kita miliki di rumah dan di tempat kerja, semakin sedikit kita akan terganggu dan semakin sedikit juga waktu yang kita habiskan untuk masalah yang mengganggu.

Kita tentunya ingin membebaskan pikiran dari yang tidak perlu dan berhenti berbicara dengan orang-orang “berlebihan” yang hanya menyedot energi kita. Mengurangi hal-hal ini menghasilkan lebih banyak waktu, ruang, uang, dan kesenangan dalam hidup. Ini membawa keteraturan dan keringkasan ke dalam hidup kita tanpa membuat hal-hal terlalu rumit. idn-time/wk-com

Pos terkait