2 Hari, Laka di Pulpis 3 Tewas

  • Whatsapp

PULANG PISAU/tabengan.com – Mobil pikap Toyota Hilux nopol DA 9274 CA yang mengangkut 16 penumpang termasuk sopir, terguling di Jalan Trans Kalimantan Km 100 Desa Mentaren I, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Minggu (6/1) sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibat kecelakaan tunggal tersebut, 2 orang penumpang tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka. Korban tewas M Jainuri (35), asal Kabupaten Kediri Jawa Timur, dan Wagiran (40).

Sedangkan korban luka-luka: Anam, Tokiyo (36) asal Banyuwangi, Miswandi, Usman (35), Mat Hasim (60), Dono Setiawan (36), Supangi (44), Supono (51), Hamdan (30), Sarwani (43), Boiman (69), Yatmanto (40), Sugeng Santoso (69), dan sopir Eko Witoyo (43). Hampir semua penumpang berasal dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Informasi terhimpun, semua korban baik yang meninggal dunia maupun yang terluka merupakan buruh sebuah perkebunan kepala sawit di daerah itu. Kebetulan para buruh ini baru saja gajian, sehingga bermaksud pergi belanja ke pasar. Untuk pergi ke pasar, mereka menyewa mobil pikap milik Eko Witoyo warga Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir.

Selanjutnya, mobil yang dimuati belasan orang ini kemudian berangkat menuju arah Kapuas. Pada saat melaju tiba-tiba saja mobil oleng ke kiri sehingga ban depan dan belakang sebelah kiri beluar badan jalan. Pada saat mobil hendak naik lagi ke badan jalan, justru lepas kendali kemudian terbalik dalam kecepatan tinggi karena kelebihan muatan. Tak ayal, para penumpang di bak belakang, tumpah berhamburan.

Dalam kejadian ini 2 penumpang tewas. Sedangkan belasan orang lainnya mengalami luka parah dan luka ringan. Semua korban dilarikan ke RSUD Pulang Pisau. Kasus kecelakaan tunggal ini ditangani Satlantas Polres Pulang Pisau.

Sopir Honda Jazz Tewas
Sehari sebelumnya, Sabtu (5/1), sebuah mobil Honda Jazz warna hitam nopol KH 1000 AK menabrak dari belakang truk tangki nopol KH 8107 AM yang dikemudikan Herry Dardiansyah (40) warga Desa Kalawa, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulpis.

Akibat tabrakan tersebut, Siti Ramdhaniah (30) sopir Honda Jazz, meninggal dunia. Sedangkan seorang penumpang yang belum diketahui identitasnya mengalami luka. Siti Ramdhaniah diketahui beralamat di Jalan Wortel IV Blok E No.26 Palangka Raya.

Kecelakaan lalu lintas terjadi pada saat hujan deras di Jalan Trans Kalimantan Km 78 Desa Gohong, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu sekitar pukul 12.30 WIB.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada SIK melalui Kasatlantas Iptu Suprianto menjelaskan saat itu truk tangki warna merah melaju dari arah Palangka Raya menuju Pulang Pisau. Pada saat berada di Km 78, dari arah yang sama melaju dengan kecepatan tinggi mobil sedan Honda Jazz.

Tiba-tiba saja mobil Jazz menabrak bagian belakang truk tangki. Kuatnya benturan mengakibatkan bagian depan mobil Jazz ringsek berat. Bahkan sopirnya seorang perempuan, Siti Ramdhaniah, meninggal dunia.

Dari olah TKP Unit Lakalantas, dugaan sementara faktor utama penyebab laka yaitu sopir mobil Jazz melaju dengan kecepatan cukup tinggi, sehingga tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya dan menabrak bagian belakang truk tangki. Sedangkan saat itu kondisi cuaca hujan deras, jarak pandang menjadi terhambat dan kondisi jalan aspal cukup licin.

“Upaya yang telah dilakukan, kita mendatangi TKP, mencatat saksi, mengevakuasi korban, melakukan olah TKP, mengamankan barang bukti dan melakukan penyelidikan serta penyidikan lebih lanjut,” kata Suprianto.c-mye

Pos terkait