RT dan RW Diminta Tingkatkan Peran Cegah DBD

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Masyarakat Palangka Raya berharap agar pihak Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Kesehatan, agar lebih responsif dalam menangani wabah ‘Demam Berdarah Dengue’ (DBD), mulai dari pencegahan hingga penanganan medik, bagi masyarakat yang terindikasi terkena penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk tersebut.

Menurut Anggota DPRD Kalteng Andina Theresia Narang, keluhan mengenai wabah DBD ini disampaikan langsung oleh masyarakat kepada pihaknya saat melaksanakan reses beberapa waktu lalu.

“Kemarin kami telah melaksanakan tugas dan fungsi legislatif dalam penyerapan aspirasi di Dapil I, khususnya di Kota Palangka Raya, dimana masyarakat berharap pihak pemerintah melalui instansi terkait yaitu Dinas Kesehatan, agar lebih responsif dalam melakukan pencegahan terhadap wabah DBD serta melakukan penanganan medik,” kata Andina, saat dibincangi Tabengan, di Gedung Dewan, Kamis (27/12).

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya ini mengungkapkan, disamping harapan masyarakat agar Dinas kesehatan lebih responsif dalam penanganan, masyarakat sendiri khususnya para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) diharapkan bisa berperan serta dalam melakukan pencegahan di wilayahnya masing-masing, sehingga dampak DBD bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Pencegahan DBD tidak bisa dilakukan apabila pihak pemerintah saja ambil bagian, oleh karena itu, dari hasil pembicaraan kami saat pelaksanaan reses kemarin, pihak Ketua RT dan RW diharapkan bisa turut andil dalam mengajak warga untuk bersama-sama melakukan pencegahan DBD diwilayahnya masing-masing,” pungkas politisi dari PDI Perjuangan ini.

Upaya pencegahan tersebut kata dia, bisa mengajak warga membersihkan lingkungan masing-masing seperti daerah yang bisa dijadikan nyamuk khususnya aedes aegypty berkembang biak dan membiasakan hidup sehat. “Nyamuk DBD inikan biasanya berkembang seperti genangan air bersih, ajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan, inikan upaya pencegahan,” harap Andina yang juga Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Kalteng ini. sgh

Pos terkait