Palangka Raya ‘Banjir’ Buah Durian

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kota Palangka Raya, saat ini menjadi magnet tersendiri bagi para penjual buah durian dari berbagai daerah untuk memasarkan buah durian miliknya. Hal tersebut tentunya memberi warna tersendiri pada setiap tahunnya, dimana buah musiman tersebut selalu menjadi daya tarik bagi warga kota Palangka Raya.

Seorang penjual buah durian di Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Amat (27/12) menuturkan jika saat ini ia membawa buah durian sekitar satu mobil pick up untuk dijual kepada masyarakat yang ada di Palangka Raya.

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Sekarang memang lagi musim durian mas, jadi saya menjual buah ini sekitar 1 pick up, selain itu ada juga teman yang membawanya ke Banjarmasin,” tutur dia.

Dikatakannya jika durian yang dijualnya berasal dari daerah Katingan, dimana saat ini di daerah tersebut buah durian sedang dalam kondisi panen. Hal tersebut membuat buah itu jumlahnya begitu sangatlah banyak dan masyarakat berbondong- bondong untuk mecarinya di hutan.

“Saat ini di daerah Katingan sedang panen buah rambutan dimana kami hanya mengepul saja dan masyarakat yang mencarinya,”katanya.

Untuk harga dari durian Kasongan tersebut bervariasi tergantung dari ukuran dari buah tersebut, dimana untuk buah yang berukuran kecil harganya Rp.10 ribu/biji, kemudian untuk ukuran sedang Rp15 ribu/biji, selanjutnya untuk buah durian berukuran besar harganya Rp20 ribu/biji.

“Kalau untuk harga ini bervariasi karena tergantung pada ukurannya juga, karena kami membeli secara borongan jadi kami juga harus memisahkan mana buah yang berukuran kecil, sedang, dan besar sehingga memudahkan untuk menjualnya,” imbuh dia.

Lebih lanjut, iapun membeberkan jika keuntungan yang didapatnya saat menjual buah tersebut bisa mencapai ratusan ribu rupiah setiap harinya. Hal tersebut juga tergantung dengan sedikit atau banyaknya teman- teman pedagang yang berjualan, kalau banyak yang berjualan tentu keuntungannya sedikit tetapi kalau hanya ia yang berjualan maka keuntungan yang diperolehnya juga lumayan.

“Kalau untuk jualan durian ini keuntungannya lumayan sih mas, yang pastinya akan balik modal juga,” beber dia.

Sementara itu, salah seorang pembeli yang juga merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Palangka Raya, Alzy mengungkapkan jika buah musiman ini selalu menarik untuk dinikmati hal tersebut dikarenakan oleh rasa dari buah ini yang manis dengan daging yang tebal dan menjadi dayatarik tersendiri.

“Saya mumpung masih di Palangka Raya, saya membeli buah ini untuk dimakan bersama dengan teman- teman di kos,” ungkap dia.

Ditambahkannya, saat ini buah tersebut memang sedang menjadi primadona bagi ia dan teman- temannya dimana saat sedang berkumpul , mereka selalu memakan buah tersebut sebagai hidangan.

“Kalau ngumpul sama teman- teman biasanya makan gorengan aja, sekarang kami makan buah durian karena sedang musimnya,” tambah dia. m-ybs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas