30 Ribu PNS `Gaib` Bikin Uang Rp6 Triliun Raib

  • Whatsapp
iklan atas

MOZAMBIK/tabengan.com – Ada pengalaman menyesakkan dada pemeritah Mozambik. Mereka baru saja kehilangan uang Rp250 juta atau sekitar Rp3,65 triliun. Makin menyebalkan karena uang itu raib karena pegawai ‘gaib’.

Bagaimana tidak pusing, dari 348 ribu pegawai negeri siplnya, pemerintah Mozambik menemukan ada lebih dari 30 ribu yang berstatus “ gaib”.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Dikutip dari BBC, Minggu 16 Desember 2018, Menteri Layanan Publik Mozambik, Carmelita Namashulua, mengatakan pemerintah selama ini ternyata telah membayar puluhan ribu PNS untuk hal-hal yang tidak dilakukan.

Bahkan, ada PNS yang ternyata telah meninggal dunia dan beberapa lainnya fiktif.

Carmelita mengatakan penipuan ini terjadi di kisaran tahun 2015 dan 2017. Dia mengakui korupsi masih menjadi masalah utama Mozambik. Apalagi, negara ini termasuk sebagai negara termiskin di dunia.

Carmelita mengatakan tantangan serius yang dihadapi Mozambik adalah KKN, tuduhan terlarang untuk mengakui orang-orang untuk pekerjaan di administrasi publik, dan pemalsuan lisensi.

Sekadar informasi, pemerintah Mozambik meminta PNS “ gaib” ini untuk tampil dan menunjukkan bukti status kepegawaian. Mereka harus berada di kantor. Jika tidak, pemerintah tak segan menyetop gaji PNS “ hantu” itu.drm,-com

iklan atas

Pos terkait

iklan atas