Merasa Hilang Kebahagiaan? Hal Ini Mungkin Sudah Jarang Dilakukan

  • Bagikan

Tabengan.com – Kebahagiaan memang relatif dan setiap orang memiliki definisi masing-masing tentang kebahagian. Tetapi, terkadang kita merasa sedih karena hal-hal dan kebiasaan sehari-hari yang tidak kita perhatikan atau bahkan jarang dilakukan.

Lalu apa yang harus kita lakukan dalam hidup agar kita bisa kembali bahagia? Enam hal di bawah ini mungkin bisa membantu mengembalikan kebahagiaan.

1. Gabung komunitas atau kelompok
Setiap orang perlu menjadi anggota kelompok. Dan itu bukan hanya tentang teman-teman terdekat dan anggota keluarga kita. Agar benar-benar bahagia, kita perlu merasa terhubung dengan orang lain.

Menurut penelitian yang berbeda, kualitas ini membantu kita mengalahkan penyakit, mengurangi tingkat stres kita, dan membuat kita merasa lebih percaya diri. Dan tidak masalah grup apa yang kita ikuti selama itu positif misalnya bisa berupa klub sepak bola, klub permainan, dan apapun yang menjadi minat kita.

2. Belajar memberi orang lain
Untuk membuat hidup bermakna, kita tidak hanya harus menerima tetapi juga memberi. Tindakan kebaikan membuat kita puas dan berarti serta juga dapat menghibur kita.

Membelikan seseorang hadiah, menulis catatan, atau bahkan membantu mengecat tembok tetangga adalah hal-hal yang membuat kita percaya bahwa kita memiliki tujuan dalam hidup ini dan bahwa seseorang membutuhkan kita.

3. Kelola emosi dan pikiran
Penting untuk tidak hanya memperhatikan apa yang kita lakukan tetapi juga bagaimana kita melakukannya. Misalnya, ketika orang tua kita menyuruh membersihkan rumah, kita tidak suka dan berakhir dengan rasa marah. Hal itu akan membuat kita merasa lelah sendiri sebab emosi dan pikiran yang buruk.

Berbeda jika kita menghadapinya dengan lebih santai. Kemampuan kita untuk mengontrol emosi dan berpikir lebih santai tidak akan membiarkan ketakutan, penyesalan, dan kenangan mengganggu sehingga membuat hidup kita lebih tenang dan menarik.

4. Keluar ruangan dan menikmati alam
Bekerja dari rumah tidak selalu memberikan efek kebahagiaan. Tempat-tempat seperti bioskop, restoran, dan tempat lain yang biasa kita kunjungi juga tidak selalu membiarkan kita menikmati hidup. Tetapi jika kita menghabiskan waktu di luar ruangan di tempat yang tidak diketahui bisa membuat kita menjadi lebih bahagia dan harga diri akan meningkat.

Psikolog menyebut metode ini sebagai “terapi petualangan.” Bukan masalah tempat mana yang akan kita kunjungi, apakah ke negara lain atau ke desa tetangga yang belum kita datangi.

5. Lebih banyak bergerak
Saat ini, gaya hidup sedentari atau malas bergerak adalah hal yang biasa. Di malam hari, kita biasa pulang menggunakan mobil atau dengan transportasi umum. Sesampainya di rumah kita akan duduk di atas kursi sambil menonton TV atau bermalas-malasan sambil mengobrol online dengan teman-teman.

Jika kita terus malas bergerak, maka tingkat endorfin dan hormon lain yang bertanggung jawab atas mood akan berkurang. Setiap hari, setidaknya kita perlu 30 menit berjalan atau 2 kali berolahraga dalam seminggu. Hal ini akan membuat tubuh kita lebih energik dan merasa puas dengan apa pun yang terjadi dalam hidup.

6. Berkarya dan melakukan hobi
Berkarya dan melakukan hobi kreatif bukan hanya untuk uang dan ketenaran, tetapi untuk kesehatan kita. Melakukan hobi dan berkarya akan mengurangi tingkat stres, memperbaiki suasana hati dan membantu kita melawan depresi.

Berkarya dan keativitas tidak hanya tentang bernyanyi dan melukis, itu bisa menjadi hal apa saja yang disukai. Menanam bunga, melakukan pekerjaan rumah tangga dan lain sebagainya yang bisa mengaktifkan imajinasi juga termasuk di dalamnya.

Ternyata, cara untuk mendulang kebahagiaan amatlah mudah dan sederhana. Contohnya seperti hal-hal di atas. Dan ketika akhir-akhir ini kamu sulit untuk merasa bahagia, mungkin kamu bisa mencoba cara di atas untuk membuatmu bahagia. idn-time/v-com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *