Libur Natal dan Tahun Baru, Harga Tiket Bus Tetap

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Harga tiket angkutan bus dari Palangka Raya menuju kota-kota lain di Kalteng maupun Kalsel, dipastikan tidak berubah. Ini tentu kabar gembira bagi warga Palangka Raya yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di luar kota.

“Harga tiket bus normal, tidak ada kenaikan harga mendekati musim libur Natal dan Tahun Baru,” ucap Regen, pemilik agen tiket bus Logos, Yessoe, dan Agung Mulia, Jumat (14/12).

Harga tiket tiap bus tetap sama, kecuali bus eksekutif sedikit lebih mahal karena ada fasilitas tambahan. Harga tiket bus untuk Palangka Raya- Pangkalan Bun, kelas eksekutif AC Rp150 ribu, kelas ekonomi Rp123 ribu, Sementara Palangka Raya-Banjarmasin, kelas eksekutif AC Rp80 ribu, kelas ekonomi Rp65 ribu. Harga tiket memang bisa dinaikkan tanpa ada keputusan dari seluruh Perusahaan Otobus (PO) dan Organda.

Sampai saat ini belum terjadi lonjakan jumlah penumpang. Berdasarkan pengalaman, peningkatan jumlah pembeli tiket terjadi pada H-3 hingga H-2 Natal dan puncak arus baliknya terjadi pada setelah Tahun Baru atau sehari sebelum orang masuk bekerja.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Palangka Raya Apol Masal menyatakan siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang hendak bepergian ke dalam dan luar Kota Palangka Raya.

“Kami Organda selalu siap memberikan layanan terbaik melalui armada-armada angkutan darat,” katanya, Jumat (14/12).

Ia menegaskan, Organda akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya dan Provinsi. Pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi guna menyiapkan armada yang dipergunakan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru. Organda, Dishub Kota dan Provinsi siap mengakomodir penyediaan transportasi darat bagi masyarakat.

Untuk angkutan kota, telah dipersiapkan pula untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas masyarakat di dalam Kota Palangka Raya. “Intinya kita sedang mempersiapkan agar jangan sampai ada penumpang di Palangka Raya yang tidak terangkut,” ujarnya.

Saat ini jumlah angkutan yang dioperasionalkan sekitar 150 buah, dipastikan cukup untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, angkutan yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan transportasi darat.

Terminal WA Gara
Terminal WA Gara Palangka Raya merupakan terminal bus terbesar di Kalteng, mampu menampung puluhan bus dengan tujuan berbagai daerah di Kalteng maupun Kalsel.

Kepala UPTD Terminal WA Gara Palangka Raya Samba mengungkapkan terminal tersebut sudah siap menyambut melonjaknya jumlah penumpang jelang Natal dan Tahun Baru.

“Intinya kami selalu siap untuk melayani masyarakat yang hendak bepergian, terlebih libur Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi akan tiba,” kata Samba, Jumat (14/12).

Dalam waktu dekat, lanjut Samba, akan diadakan pengecekan angkutan penumpang di Terminal WA Gara. Pengecekan meliputi kelayakan kendaraan, agar memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang. Pemeriksaan juga dilakukan pada sopir bus yang akan melayani masyarakat, meliputi tes kesehatan fisik dan lainnya.

Terminal WA Gara saat ini terus berbenah, mulai dari loket bus, ruang tunggu dibuat senyaman mungkin. Kemudian fasilitas lain, seperti toilet dan warung makanan diperhatikan kebersihannya. “Bisa dipastikan masyarakat akan merasa nyaman,” tandas Samba.m-ybs

Pos terkait