4 Sektor Masih Prioritas di Gumas

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kabupaten Gunung Mas (Gumas) merupakan salah satu wilayah yang cukup berkembang. Sejak dimekarkan pada 2002 silam, pembangunan di daerah itu meningkat cukup pesat hingga saat ini. Kunjungan dalam daerah DPRD Provinsi ke kabupaten itu belum lama ini, menghasilkan sejumlah usulan dan saran.

Menurut juru bicara tim reses Dapil I (Palangka Raya, Katingan, dan Gumas) Ergan Tunjung, aspirasi yang disampaikan masyarakat setempat, mencakup empat sektor penting. Seperti bidang pemerintahan, infrastruktur (sarana dan prasarana), pendidikan, dan kesehatan. Salah satu kecamatan yang juga mendapat kunjungan seperti di Rungan Hulu.

Menurutnya, usulan masyarakat yang segera dilaksanakan adalah perbaikan jalan dari Kelurahan Tumbang Rahuyan ke desa sekitar, atau jalan antar desa di Rungan Hulu.

“Seperti jalan menuju Desa Tumbang Tuwe yang kondisinya becek dan licin , apalagi ketika hujan turun. Diharapkan agar segera diaspal,” ujar Ergan.

Politisi senior PKPI itu menuturkan, kalangan legislatif juga menerima saran pembangunan perumahan, bagi kepala sekolah dan guru agama di Sei Antai.

Selama ini para unsur pendidik di wilayah itu harus menempuh jarak yang cukup jauh, untuk menuju sekolah dari domisili. Ketika fasilitas itu direalisasikan, maka tidak perlu lagi pulang-pergi dari desa terdekat.

Untuk lini pemerintahan, lanjutnya, ada usulan penambahan insentif untuk kades, lurah, mantir, damang, ketua RT dan RW di Kecamatan Rungan Hulu. “Memang problema ini tidak hanya terjadi di Gumas saja, namun wilayah lainnya dan kita harapkan bisa ditindaklanjuti,” ujar Ergan, di sela-sela rapat kerja, belum lama ini.

Keinginan itu sangat mendasar, mengingat posisi mereka yang merupakan ujung tombak pelayanan. Lalu ada juga usulan perlunya penambahan tenaga ASN di wilayah itu.

Pasalnya banyak jabatan yang belum terisi, khususnya untuk kasi-kasi. Selanjutnya ada harapan masyarakat, menyangkut anggaran dana untuk kelurahan dan desa. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas