Ciri yang Menandakan Sudah Matang Secara Emosional

  • Whatsapp

Tabengan.com – Matang secara emosional merupakan suatu keadaan atau kondisi dimana seseorang telah mencapai tingkat kedewasaan perkembangan emosional.

Seseorang yang matang emosionalnya tentu akan memiliki kontrol diri yang baik dan tahu bagaimana cara yang tepat dalam menyikapi suatu keadaan.

Maka dari itu, jika kamu sudah memiliki 7 ciri ini bisa dikatakan bahwa kamu sudah matang secara emosional.

1. Gak mudah meledak emosinya
Ciri pertama yang menandakan jika emosi kamu sudah matang adalah kamu bisa tetap tenang dan gak mudah kepancing emosinya meski saat itu kamu sedang dihadapkan pada situasi yang sangat mengganggu.

Kamu sangat baik dalam hal mengendalikan emosi dan tahu kapan waktu yang tepat untuk mengungkapkan isi pikiranmu agar membuat keadaan gak semakin meruncing.

2. Menghormati segala bentuk perbedaan
Kamu juga mau menghormati segala perbedaan pendapat dan gak berusaha memaksakan orang lain untuk setuju dengan apa yang menjadi buah pikirmu. Kamu bisa memakluminya dan sadar betul bahwa perbedaan pendapat adalah hal lumrah dalam hidup ini. Daripada terlalu mengedepankan ego guna mempertahankan apa yang kamu anggap benar, kamu lebih mengutamakan hubungan yang baik dengan orang-orang disekitarmu.

3. Gak mudah terganggu komentar negatif
Alih-alih merasa tersinggung dan terpuruk pada komentar negatif yang dilayangkan padamu, namun sebaliknya, kamu sangat bijak dalam menyikapinya.

Semakin matang emosi kamu, kamu perlahan akan menjadi terbiasa dan bisa memaklumi itu semua, karena kamu sadar betul bahwa selama kita hidup, mustahil jika dapat terhindar dari komentar negatif orang lain.

Sehingga ada saat dimana komentar buruk tersebut gak lagi terlalu mengganggu pikiranmu dan kamu hanya akan fokus pada kebaikan dan kebahagiaan dirimu sendiri.

4. Berani bertanggungjawab
Seseorang yang matang secara emosional tentu akan menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab dan gak berusaha lari darinya.

Mereka akan berusaha menyelesaikan sendiri apa yang menjadi tanggung jawabnya tanpa berusaha melibatkan atau membebani orang lain.

Tentu hal ini juga akan menjadikan mereka sosok yang lebih bijaksana dalam mengambil segala keputusan.

5. Menerima keadaan diri sendiri
Dan juga kamu bisa menerima keadaan diri sendiri secara lebih realistis dan gak berusaha membandingkan hidupmu dengan orang lain, kamu percaya bahwa setiap orang tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Disamping itu, kamu tetap akan berusaha menjadi pribadi yang jauh lebih baik dimasa depan.

6. Tidak suka mengeluh
Seseorang yang matang secara emosional tentu gak akan menghabiskan waktu dengan hanya mengeluh dan meratapi keadaan terus menerus tanpa berusaha mencari solusi dari setiap permasalahnya. karena mereka gak ingin menjadi down dan kehilangan gairah dalam menjalani hidup.

Namun seseorang yang matang emosionalnya akan berfikir lebih realistis tentang kehidupan dan memaklumi bahwa tak ada kehidupan yang selalu berjalan mulus sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sehingga mereka akan lebih bijak dalam mengambil sikap dan lebih mengutamakan untuk mencari jalan keluar dari setiap permasalah yang dihadapinya.

7. Berpikir sebelum bertindak
Seseorang yang matang secara emosional tentu akan berpikir terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Mereka juga tahu dengan baik apa yang harus dan tidak seharusnya dilakukan. Sehingga mereka akan mejadi sosok yang tidak gegabah dalam mengambil langkah hidup. idn-time

Pos terkait