Udang Laut Tembus Rp 70 Ribu/Kg

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Harga komoditi ikan laut di pasar Palangka Raya, terus melambung. Salah satunya udang laut yang kini mencapai Rp70 ribu/kilogram. Informasi dari para pedagang udang laut di Pasar Kahayan Palangka Raya, udang laut bahkan sempat menghilang pada pekan kemarin. Langkanya pasokan udang laut ini diprediksi akibat cuaca buruk memasuki musim penghujan.

“Udang laut sekitar 5-6 hari yang lalu menghilang dari pasaran. Itu salah satu penyebab sekarang jadi mahal,” kata Abdul, seorang penjual ikan laut di Pasar Kahayan Palangka Raya, Selasa (11/12).

Biasanya udang laut ukuran kecil dijual para pedagang dengan harga sekitar Rp30 ribu/kg hingga Rp35 ribu/kg. Namun kini, harganya melambung hingga Rp70 ribu/Kg.

“Saat ini udang tersebut sudah kembali ada di pasaran, tapi harganya masih mahal sekali, sekitar Rp70 ribu/Kg,” kata dia.

Kenaikan harga udang tidak hanya terjadi di Pasar Kahayan, namun juga di pasar-pasar lainnya di Kota Cantik. Pasokan udang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedang berkurang, sehingga menyebabkan fluktuasi harga di tingkat pedagang.

Sementara harga ikan lajang kembali mengalami penurunan. Jika pada pantauan Senin (10/12), harganya mencapai Rp40 ribu/kg, pada Selasa (11/12) turun menjadi Rp35 ribu/kg. Turunnya harga ikan lajang karena peningkatan pasokan ikan dari Banjarmasin ke Palangka Raya.

“Turun Rp5 ribu/kg, karena pasokannya sudah normal,” tambah Abdul.

Harga cumi-cumi juga turun dari sebelumnya Rp80 ribu/kg menjadi Rp70 ribu/kg. Sementara ikan tongkol tetap pada harga Rp30 ribu/kg dan ikan peda Rp40 ribu/kg.

“Pasokannya sudah mulai normal, sehingga harganya pun bisa turun lagi,” kata Abdul. m-ybs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas