Ditangkap, Buaya Muara Sempat Melawan

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Seekor buaya muara yang masuk ke Sungai Handil Sohor di Desa Handil Sohor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur ditangkap warga, Rabu (5/12) sekitar pukul 07.00 WIB. Saat ditangkap, buaya dengan panjang sekitar 2,5 meter tersebut, sempat memberikan perlawanan kepada warga.

“Awalnya saat buaya tersebut terlihat memasuki Sungai Handil Sohor, beberapa warga kemudian mengintainya sambil menyiapkan alat untuk menangkapkannya, yaitu tali dan kayu. Alat yang digunakan untuk menangkap buaya ini cukup sederhana,” terang Akhmad Afandi Kepsek SDN 1 Samuda Besar yang melintas di lokasi kejadian, kemarin.

Bacaan Lainnya

Buaya tersebut kemudian dikepung dan akhirnya berhasil ditangkap. Setelah itu buaya tersebut dievakuasi ke darat oleh warga setempat. Disampaikannya, sebetulnya warga setempat melihat beberapa ekor buaya di sungai tersebut, namun hanya seekor yang berhasil ditangkap. Diperkirakan masih ada buaya yang ukurannya lebih besar lagi berkeliaran di kawasan sungai tersebut.

“Lokasi penangkapan buaya ini cukup jauh dari pemukiman penduduk, yaitu kawasan lokasinya di jalan menuju SDN 6 Samuda Kota. Beberapa warga mengatakan, memang kerap melihat buaya di sungai ini,” jelasnya.

Akhmad Afandi juga mengingatkan kepada para pelajar di sekolahnya yang kerap melintas di kawasan tersebut agar berhati-hati.

“Para pelajar agar pulang dan berangkat sekolah berhati-hati, terutama di sekitar sungai, dan jangan bermain di pinggir sungai pada saat di luar jam sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, Komandan BKSDA Pos Sampit, Muriansyah mengatakan, pihaknya masih mencari informasi terkait penangkapan buaya di Desa Handil Sohor tersebut. c-arb

Pos terkait