Tabengan 10 Besar Nasional

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Prestasi membanggakan diukir Harian Umum Tabengan. Koran lokal Kalteng yang baru berumur 9 tahun ini, berhasil masuk peringkat 10 besar Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Tingkat Nasional 2018, yang diselenggarakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami harapkan perwakilan dari surat kabar tersebut dapat hadir untuk menerima penghargaan dalam acara Lokakarya Hasil Kajian/Penelitian Layanan Pembinaan Bahasa dan Sastra: Bahan Rekomendasi Kebijakan Pembinaan Bahasa dan Sastra,” kata Kepala Pusat Pembinaan Dr Hurip Danu Ismadi MPd, melalui surat undangan resmi yang diterima, Rabu (5/12).

Acara lokakarya sekaligus penyerahan penghargaan akan dilaksanakan di Aula Gedung Samudra, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (10/12) mendatang.

Kabar tembusnya koran lokal Kalteng ke peringkat 10 besar nasional ini mendapat apresiasi dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng I Wayan Tama dan segenap pegawai Balai Bahasa Kalteng. Beragam ucapan selamat pun mengalir lewat pesan WhatsApp.

“Ini prestasi yang pertama dan luar biasa untuk mewakili media massa lokal di Kalteng. Selamat ya, semoga bisa dipertahankan, kalau bisa tahun depan peringkatnya ditingkatkan. Mohon hadiri undangannya di Jakarta, terima kasih,” kata I Wayan Tama.

Sebelumnya, Panitia Forum Diskusi Terpumpun pada Media Massa seKalteng Muston NM Sitohang menyampaikan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sedang melakukan penilaian terhadap bahasa media massa di seluruh Indonesia, termasuk Kalteng.

Menurutnya, ada 5 media cetak lokal Kalteng yang telah dikirimkan berkasnya ke Pusat: Tabengan, Kalteng Pos, Palangka Ekspres, Palangka Post, dan Radar Sampit. Kelima koran terbitan Kalteng ini bersaing dengan ratusan media se-Indonesia. Dan, hasilnya Tabengan sukses masuk 10 besar.

“Kutipan berita dari beberapa media massa sudah kami kirimkan ke Badan Bahasa. Kutipan yang dikirim itu berupa berita utama dan tajuk rencana. Sudah dikirimkan ke Badan Bahasa untuk dinilai. Semoga penilaian di tingkat nasional, media di Kalteng bisa mendapatkan nominasi,” ujarnya kala itu.

Sementara itu, Pemimpin Umum HU Tabengan Andrey Leonardo Narang mengaku kaget mendapat kabar ini, jika HU Tabengan yang dipimpinnya meraih penghargaan tingkat nasional. “Informasi yang saya terima, HU Tabengan masuk 10 besar terbaik penggunaan bahasa Indonesia di media massa cetak tingkat Nasional. Tentu ini membuat kami kaget seakan tak percaya. Jujur saja, ini sangat membanggakan kami yang tergolong media cetak termuda di wilayah Kalteng ini,” ungkap Andrey Narang.

Tentu dengan adanya penghargaan ini, tambah Andrey, mudah-mudahan bisa memotivasi kami untuk lebih meningkatkan lagi kinerja agar media cetak kami ini bisa semakin berkualitas dan diterima masyarakat Kalteng dengan baik.

Dan, kata Andrey, kami tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng dan jajaranya yang telah membantu memfasilitasi HU Tabengan untuk diperlombakan di Pusat, dan dinilai mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

“Semoga kerja sama yang baik selama ini bisa terus ditingkatkan dan berlanjut terus untuk ke depannya,” katanya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi HU Tabengan Victor Giroth mengatakan, penghargaan ini merupakan kebanggaan seluruh keluarga besar HU Tabengan. “Apa yang kami kerja selama ini adalah kerja tim, jadi patut kita syukuri bersama. Ke depan, mudah-mudahan kami bisa terus berkarya dan mempertahankan yang telah diraih saat ini, serta jika memungkinkan bisa tingkatkan lagi,” katanya.hil

Pos terkait