Harga Cabai dan Tomat Kembali Melejit

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Harga cabai rawit dan tomat di kota Palangka Raya, kembali mengalami kenaikan. Pantauan Tabengan di Pasar Besar kota Palangka Raya, Kamis (22/11), harga cabai rawit dari yang sebelumnya Rp35/Kg naik menjadi Rp38 ribu/Kg, cabai hijau Rp20 ribu/Kg, dan cabai merah Rp35 ribu/Kg. Sedangkan tomat yang awalnya Rp10 ribu/Kg kini Rp13 ribu/Kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Besar, mama Isti mengatakan, meski kenaikan harga hanya sedikit, namun efeknya mulai dirasakan oleh para pedagang. Kenaikan harga ini, lanjut mama Isti, membuat keuntungannya menipis. Sebab meski terjadi kenaikan hingga Rp4 ribu/kg, namun para pedagang hanya bisa menaikan harga hingga Rp3 ribu/kg. “Biasanya keuntungan kami yang dikurangi mas,” katanya.

Strategi ini dimaksudkan agar kenaikan harga cabai maupun tomat tidak langsung dirasakan konsumen. Kendatipun demikian, jika harga cabai dari distributor terlampau tinggi, maka pihaknya pun mau tidak mau harus menaikkan harga. Dalam menaikkan harga, juga menyesuaikan kondisi cabai dan tomat. Jika harga tinggi dan disimpan terlalu lama, maka dengan sendirinya harga komoditas tersebut akan terjun bebas sehingga akan merugikan para pedagang. “Kalau kondisinya sudah mulai layu siapa mau beli, terpaksa dijual dengan harga yang murah,” imbuhnya. Adapun harga komoditi lainnya sejauh ini masih normal. m-ybs

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *