Unik, Bunga Langka di Pekarangan Rumah Warga

  • Bagikan

PULANG PISAU/tabengan.com – Tanaman langka yang berbunga bisa mencapai puluhan tahun, tiba-tiba tumbuh dan berbunga di pekarangan milik warga Desa Manteren II RT 03 Pulang Pisau, Anton Supardi. Pasalnya, bunga itu hampir mirip bunga bangkai dan berbau amis.

Anton panggilan akrab mantan Kades dua periode ini menjelaskan, bahwa bunga itu sempat ia unggah melalui akun facebooknya, dan mendapat tanggapan beragam, bahkan warga yang penasaran pun silih berganti mengunjungi rumahnya.

“Setelah saya unggah, banyak yang datang dan penasaran untuk melihatnya. Ada yang bilang, itu bunga suwek yang berbunga dalam waktu lama, sejak di tanam antara 20 tahun, itupun tidak pasti berbunga,” beber Anton di Pulpis, Kamis (22/11).

Anton mengaku banyak warga yang menanam tanaman itu, tapi tak pernah melihat kalau ada bunganya, dan bunga itu menurut cerita orang-orang yang pernah melihat, bisa bertahan 1 (satu) bulan, makin lama makin membesar dan bertambah cantik.

“Kalau tanamannya banyak dimiliki warga, tapi yang berbunga belum tentu seratus ada satu, karena termasuk langka dan aneh. Kata warga yang datang melihat langsung kerumah saya, tidak semua tanaman itu mengeluarkan bunga, kalau baunya amis seperti bau ikan,” bebernya.

Anton menambahkan tumbuhan atau tanaman itu bisa di makan, kalau orang Jawa bilang tanaman suwek, dan itu ditanam bukan karena bunganya, tapi umbinya, “Jadi bisa keluar bunga, ya… agak aneh kata warga, kalau umbinya sudah sering di konsumsi warga,” tandasnya.c-mye

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *