Malaysia Dukung Perdamaian Di Laut China Selatan

  • Whatsapp
iklan atas

Singapura/tabengan.com – Malaysia mendukung perdamaian di Laut China Selatan dengan tidak meningkatkan ketegangan di sengketa di sana.

“Kami sepakat tentang cara tidak meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan,” kata Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di sela-sela temu puncak ke-33 ASEAN di Singapura pada Kamis.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Cara tidak meningkatkan ketegangan antara lain tidak membawa kapal perang, kebebasan pelayaran di Laut China Selatan serta jaminan keamanan penerbangan di laut bersengketa itu.

“Kami memahami perlunya kebutuhan akan keamanan. Kebutuhan akan keamanan dapat diselesaikan dengan kapal patroli sederhana,” kata Mahathir Mohammad.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, Jose Tavares meyakini pembicaraan awal tentang kode etik di Laut China Selatan dapat diselesaikan pada 2019.

“Negara anggota ASEAN menyepakati naskah tunggal perundingan untuk Laut China Selatan dan saat ini dalam proses membaca pertama naskah itu,” kata Jose Tavares di sela-sela temu puncak ke-33 ASEAN di Singapura pada Rabu.

Kesepakatan itu menunjukkan bahwa negara anggota ASEAN memiliki pandangan sama, sehingga akan mempermudah perundingan dengan China. Kami percaya bahwa perundingan akan berjalan lancar,” kata Jose Tavares.

Rincian rancangan naskah tunggal untuk perundingan Laut china selatan itu diselesaikan dalam rangkaian temu puncak ke-33 ASEAN dan Pertemuan Terkait di Singapura.

iklan atas

Pos terkait

iklan atas