Kesenian Takkan Ditinggalkan Generasi Milenial

  • Whatsapp

Tabengan.com – Diyakini kesenian dan seni budaya (tradisi) tidak akan ditinggalkan masyarakat, termasuk generasi milenial.

Disadari, bahwa anak muda memiliki keunikan dan berbeda-beda di setiap zamannya. Mudah berubah, tergantung pada dinamika ruang, waktu dan situasi tertentu.

Namun, kesenian dan seni budaya sebagai salah satu pintu masuk pendidikan karakter bagi generasi milenial dan generasi-generasi yang akan datang. Seni-budaya juga dinilai efektif sebagai bagian dari pendidikan karakter, karena kaum muda sangat meminati kegiatan tersebut.

Begitu banyak tantangan di era revolusi industri 4.0 agar anak-anak muda bisa bersaing secara global, namun di sisi lain tetap berkarakter.

Berdasarkan survey salah satu lembaga riset nasional, bahwa olahraga dan musik serta seni-budaya menjadi kegiatan yang paling diminati milenial.

Alasannya, karena lewat aktualisasi seni budaya, anak-anak muda bisa percaya diri, bermotivasi kuat, serta menghargai nilai-nilai sosial yang bukan hanya materi semata.

Begitu pula lewat kegiatan seni budaya, juga dinilai akan tumbuh karakter generasi muda yang memiliki empati sosial, terampil berkomunikasi, serta mau menghargai perbedaan suku, agama dan ras.

Karena itu, karakter itu lantas tecermin dalam berbagai perilaku positif generasi muda yang sangat diyakini akan tetap dan mampu mempertahankan tradisi kesenian dan seni budaya yang sudah turun temurun di Negeri ini.b-com/r-com

Pos terkait