Pemadaman Listrik 2 Hari Hoax

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Beredarnya kabar pemindahan konduktor tower SUTT 150 KV yang roboh di kawasan Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, sehingga menyebabkan pemadaman listrik selama 2 hari, yang kini viral di kalangan masyarakat, ditegaskan sebagai berita hoax.

Humas PLN Rayon UP3 Palangka Raya, Dedy Yunarto, menegaskan jika kabar tersebut merupakan berita bohong dan disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Itu berita hoax. Kami sampaikan kepada pelanggan PLN dan masyarakat Kota Palangka Raya agar bisa tenang dan bijak menyikapi berita tersebut,” ucapnya, Senin (12/11).

Ia pun menerangkan, proses perbaikan dan pembangunan tower SUTT 150 KV masih terus berlangsung dan memakan waktu cukup lama.

“Pemasangan tower permanen masih berlanjut. Kalaupun sudah jadi, proses pemindahan hanya memakan waktu 2 jam saja. Selama belum ada informasi resmi, belum ada dikatakan pindah,” terangnya

Dedy pun berharap dukungan dan doa masyarakat agar proses perbaikan tower bisa segera selesai. “Kita mengharapkan doa dan dukungan masyarakat agar perbaikan segera selesai,” tutupnya.

PLN Kasongan Padam
Sementara itu, beredarnya informasi di media sosial perihal pemberitahuan pemadaman aliran listrik dalam rangka pemeliharaan jaringan wilayah Kasongan, Kabupaten Katingan ditanggapi oleh Humas PLN Up3 Palangka Raya. Ia membenarkan pemadaman tersebut dilaksanakan oleh ULP Kasongan.

“Ya Pak, itu dilaksanakan oleh ULP Kasongan, Kab. Katingan,” ucap Humas PLN Up3 Palangka Raya Dedi Yunarto kepada Tabengan, melalui pesan singkat, Senin (12/11).

Sebelumnya, beredar di medsos seperti facebook dan instagram mengenai hal tersebut. Pemadaman yang akan dilaksanakan mulai dari Selasa 13 November 2018 hingga Kamis 15 November 2018.

Adapun daerah yang akan dilakukan pemadaman bergilir pada Selasa, 13 November 2018 mulai pukul 09.00 s/d 14.00 WIB meliputi penyulang KSG-01 Betung, Taliang Kereng, Telangkah, Kereng Pangi, Hampalit, Karya Unggang, Pundu, Pelantaran dan sekitarnya.

Sementara untuk Rabu, 14 November 2018 mulai pukul 09.00 s/d 14.00 WIB meliputi wilayah Penyulang KSG-03 Pendahara, Buntut Bali, Tumbang Samba dan sekitarnya. Kemudian, Kamis 15 November 2018 pukul 09.00 s/d 14.00 WIB meliputi wilayah Penyulang KSG-01 Bukit Batu, Hampangen, Petak Bahandang, Baun Bango, Jl.Palangka Raya-Kasongan km 19-73, Takaras, Kanarakan, Rakumpit, Tangkiling, dan sekitarnya.

Kendatipun demikian, apabila dengan jadwal tersebut ternyata pelaksanaan pekerjaan oleh PT PLN (persero) Rayon Kasongan mengalami kendala cuaca dan sebab lain, sehingga pelaksanaan pekerjaan tertunda, maka akan dijadwalkan kembali. Apabila pekerjaan selesai lebih awal dari yang direncanakan, maka aliran listrik akan dinyalakan tanpa pemberitahuan lagi, dan pihak PLN pun memohon maaf atas pemadaman aliran listrik tersebut.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang warga Kasongan yang sedang berada di Palangka Raya, Mika mengatakan jika pemeliharaan jaringan tersebut merupakan hal yang sangatlah wajar agar jaringan listrik di Kasongan dan sekitarnya menjadi terawat dan dalam kondisi prima.

“Kalau pemadaman untuk pemeliharaan itu adalah hal yang bagus, saya mengapresiasi sekali mas demi kebaikan bersama,” katanya

Kemudian, iapun membeberkan jika pemadaman bergilir tersebut akan sedikit mengganggu aktivitas masyarakat. Namun, demi kelancaran distribusi listrik ke pelanggan iapun mendukung upaya PLN tersebut.

“Memang pasti sedikit mengganggu, namun semua ini kan demi kelancaran aliran listrik mas jadi saya selalu mendukung,” bebernya.fwa/m-ybs

Pos terkait