Anjing Pelacak Pakai Kamera

  • Bagikan

PORTLAND/tabengan.com – Sejumlah petugas K9 di negara bagian Oregon dan Wisconsin, Amerika Serikat (AS), kini mendapat bantuan sangat besar dari kamera yang dipasang pada anjing pelacak, dalam menyisir lokasi bencana yang berbahaya.

Cara ini bermanfaat bagi unit polisi K9, sehingga bisa tetap berhubungan dan menjaga keselamatan satu sama lain.

“Sekarang saya bisa melihat apakah anjing ini berada dalam bahaya dan saya dapat memanggilnya. Sebelumnya ia mungkin akan menghadapi masalah dan tidak bisa menyelamatkan diri,” jelas Polisi K9 Shawn Gore, sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia pada Minggu (11/11).

Hingga saat ini, anjing pelacak menggunakan cara tradisional untuk mengingatkan personil yang menangani mereka akan adanya potensi bahaya.

Kini dengan kamera, dapat langsung diketahui potensi bahaya yang akan dihadapi.

“Sebelumnya, saya sama sekali tidak tahu akan bahaya yang mungkin terjadi dan juga apa yang dilakukan anjing ini di lokasi pelacakan. Ia mengeluarkan suara seakan-akan tertarik pada sesuatu, dan ia mungkin akan menggonggong. Apakah ia menggonggong karena melihat seseorang di bawah tempat tidur atau apa, saya tidak tahu,” kata Gore.

Anjing yang dilengkapi kamera juga membuat polisi dapat menjaga jarak yang aman, meminimalkan potensi terjadinya kepanikan pada keduanya.

“Jika kita berhadapan dekat dengan orang-orang bersenjata, dampaknya tidak baik bagi semua pihak. Jika kita dapat menjaga jarak, hal ini memberikan banyak pilihan untuk berunding dan menurunkan ketegangan,” lanjutnya menjelaskan.l-com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *