Peserta Tes CPNS Mulai Tak Serius

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Alang Arianto mengungkapkan, banyak peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 yang tidak serius mengikuti seleksi.

Pasalnya, hingga hari ketiga pelaksanaan tes CPNS Kotim di Aula Balai Diklat BKD Kotim, panitia banyak menemukan peserta yang salah jadwal sesi pelaksanaan tes, terlambat datang ke lokasi, hingga salah menerima informasi terkait jadwal pelaksanaan tes.

“Hingga hari ketiga, kami menemukan banyak peserta yang keliru jadwal, baik untuk harinya maupun sesinya. Kemudian juga ada yang datang terlambat dengan berbagai alasan seperti hujan, rumah yang jaraknya jauh, ada razia hingga lampu merah yang lambat menyala,” ungkap Alang Arianto kepada Tabengan, Jumat (9/11).

Alang tambah dibuat heran, adanya peserta yang justru tidak mencari tahu sendiri informasi atau pengumuman yang dikeluarkan oleh pihaknya sebelum pelaksanaan tes dimulai. Sejumlah peserta justru mengandalkan informasi yang hanya didapat dari teman-temannya. Tanpa mengetahui informasi resmi yang diumumkan BKD, baik di Kantor BKD Kotim maupun di website resmi milik BKD Kotim.

“Sangat aneh sekali ada peserta yang seperti itu. Hanya mengandalkan informasi dari teman, akibatnya ada yang salah lihat, ada yang salah jadwal dan hal-hal lain yang justru merugikan diri sendiri,” terangnya.

Sementara untuk pelaksanaan tes yang menggunakan sistem CAT, hingga hari ketiga masih berjalan lancar. Pada hari pertama, dari 475 peserta yang mengikuti tes diketahui ada sebanyak 13 orang peserta yang nilainya memenuhi passing grade.

Kemudian di hari kedua ada sebanyak 23 orang. Untuk pembagian waktu pelaksanaan tes pada hari ketiga dibagi sebanyak 5 sesi, masing-masing sesi diikuti sekitar 95 peserta. Sesi satu pukul 07.30-09.00 WIB, sesi dua 09.30-11.00 WIB, sesi tiga 13.30-15.00 WIB, sesi empat 15.50-17.00 WIB dan sesi lima 17.30-19.00 WIB. Kemudian untuk hari keempat dan kelima dilaksanakan sebanyak enam sesi dimulai dari pukul 07.30-19.00 WIB.

“Saya berharap seluruh peserta betul-betul menyiapkan diri, karena saat inilah penentunya. Saya harap jangan sampai peserta gagal karena hal sepele (teledor),” pesannya.

Senin Tes di Katingan
Di Kasongan, ribuan peserta CPNS di Kabupaten Katingan yang sudah mendaftar dan lulus administrasi, diminta mempersiapkan diri pada Senin (12/11) mendatang untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar oleh tim pengadaan CPNS.

Pemberitahuan bagi peserta CPNS untuk pelaksanaan seleksi dasar maupun pembagian sesi ujian dilakukan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Katingan, baik lewat papan pengumuman maupun lewat situs resmi http://portal.katingankab.go.id, http://bkppkatingankab.edata.id/web.

Plt Kepala BPKPP Katingan Mido S Mahar mengatakan pelaksanaan SKD dimulai 12 hingga 16 November 2018 di Gedung Laboratorium CAT Kantor BKPP Jalan MT Haryono, Komplek Perkantoran Pemkab Katingan. (berita terkait baca hal 21) c-may /c-sus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas