Arsip Penting Pemkab Barsel Dicuri

  • Bagikan

BUNTOK/tabengan.com – Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri mengatakan, banyak arsip penting milik Pemerintah Kabupaten Barsel hilang dan dicuri orang.

“Arsip daerah banyak hilang, dicuri orang, dan kertas arsip tersebut dijual kepada para pedagang untuk membungkus barang dagangan,” kata Eddy Raya di Buntok, Jumat (9/11).

Menurut Eddy, pada 2017 dan 2018 ini pernah melakukan sidak ke gudang arsip Sekretariat Daerah (Setda), dan ternyata gudang arsipnya terbuka, pintunya rusak, namun saat ini gudangnya sudah diperbaiki.

Ia sangat menyayangkan, karena banyak arsip penting hilang dan dicuri orang, dan kehilangan arsip ini tentunya sangat merugikan bagi Kabupaten Barsel.

“Sebab, apabila terjadi suatu permasalahan, maka kita tidak bisa membuktikan lantaran arsip atau bukti tertulis sudah tidak ada lagi,” ujar Eddy.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi dengan dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas pengelolaan arsip perangkat daerah tersebut.

“Kegiatan ini sangat penting bagi pemerintah daerah untuk menyeragamkan tata kearsipan yang dinamis, baik pengelolaan, penyimpanan, dan perawatan kearsipan dapat dilakukan secara berkala,” kata dia lagi.

Menurutnya, arsip merupakan alat komunikasi kedinasan, referensi dalam merumuskan kebijakan, dan alat bukti akuntabilitas penyelenggaraan negara yang pada saatnya nanti menjadi bahan pertanggungjawaban.

Selama ini, lanjut dia, kesadaran akan arti penting arsip bagi kelancaran tugas-tugas administrasi belum optimal. Selain itu juga pola pikir, persepsi dan pemahaman tentang arsip belum tepat.

Arsip hanya dipahami sebagai catatan sejarah, dan arsip belum dipahami sebagai bukti pertanggungjawaban, sehingga pemahaman arsip masih kurang memadai.

“Saya berharap melalui kegiatan pengelolaan arsip dinamis dapat menjadi perhatian khusus dalam peningkatan kualifikasi pelayanan publik serta dapat menumbuhkan kesadaran untuk mengelola arsip dengan baik, penuh tanggung jawab dan akuntabel,” ujar Eddy. ant

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *